Mengapa harus ada Bank Syariah ?

 Mengapa harus ada Bank Syariah  - Mungkin banyak yang belum tau mengapa Bank Syariah didirikan, padahal secara umum Bank Konvensional sudah berkembang dan berjalan dengan baik selama ini. Berikut ulasannya:


Secara filosofis bank syariah adalah bank yang aktifitasnya meninggalkan masalah riba. Dengan demikian, penghindaran bunga yang dianggap riba merupakan salah satu tantangan yang dihadapi dunia Islam dewasa ini. Suatu hal yang sangat menggembirakan bahwa belakangan ini para ekonom Muslim telah mencurahkan perhatian besar, guna menemukan cara untuk menggantikan siatem bunga dalam transaksi perbankan dan keuangan yang lebih sesuai dengan etika islam. Upaya ini dilakukan dalam upaya untuk membangun model teori ekonomi yang bebas bunga dan pengujiannya terhadap pertumbuhan ekonomi, alokasi dan diatribusi pendapatan.

Oleh karena itulah, maka mekanisme perbankan bebas bunga - yang biasa disebut dengan bank syariah - didirikan. Perbankan syariah didirikan atas dasar alasan filosofis maupun praktik. Sevara filosofis, karena dilarangnya pengambilan riba dalam transaksi keuangan maupun non keuangan. Secara praktis, karena sistem perbankan berbasis bungan atau konvensional mengandung beberapa kelemahan, sebagai berikut:

  1. Transaksi berbasis bunga melanggar keadilan atau kewajaran bisnis.

  2. Tidak fleksibelnya sistem berbasis bunga menyebabkan kebangkrutan.

  3. Komitmen bank untuk menjaga keamanan uang deposan berikut bunganya membuat bank cemas untuk mengembalikan pokok dan bunganya.

  4. Sistem transaksi berbasis bunga menghalangi munculnya inovasi oleh usaha kecil.

  5. Dalam sistem bunga, bank tidak akan tertarik dalam kemitraan usaha kecuali bila ada jaminan kepastia pengembalian modal dan pendapatan bunga mereka.


Dengan penjelasan sebagai berikut:

Transaksi berbasis bunga melanggara keadilan atau kewajaran bisnis. Dalam bisnis, hasil dari setiap perusahaan selalu tidak pasti. Peminjam sudah berkewajiban untuk membayar tingkat bunga yang disetujui walaupun perusahaannya mungkin rugi. Meskipun perusahaan untung, bisa jadi bunga yang harus dibayarkan melebihi keuntungannya. Hal ini jelas bertentangan dengan norma keadilan dalam islam.

Tidak fleksibelnya sistem transaksi berbasis bunga menyebabkan kebangkrutan. Hal ini menyebabkan hilangnya potensi produktif masyarakat secara keseluruhan, selain dengan pengangguran sebagian besar orang. Lebih dari itu, beban utang makin menyulitkan upaya pemulihan ekonomi dan memperparah penderitaan seluruh masyarakat.

Komitmen bank untuk menjaga keamanan uang deposan berikut bunganya membuat bank cemas untuk mengembalikan pokok dan bunganya. Oleh sebab itu, demi keamanan, mereka hanya mau menjamin dana bagi bisnis yang sudah benar-benar mapan atau kepada orang yang sanggup menjamin keamanan pinjamannya. Sisa uangnya disimpan dalam bentuk surat berharga pemerintah. Jadi semakin banyak pinjaman yang hanya diberikan kepada usaha uang sudah mapan dan sukses, sementara orang yang punya potensi tertahan untuk memulai usahanya. Ini menyebabkan tidak seimbangnya pendapatan dan kesejahteraan, juga bertentangan dengan semangat islam.

Sistem transaksi berbasis bunga menghalangi munculnya inovasi oleh usaha kecil. Usaha besar dapat mengambil risiko untuk mencoba teknik dan produk baru, karena mereka punya cadangan dana sebagai sandaran bila ternyata ide barunya tersebut tidak berhasil. Sebaliknya, usaha kecil tidak dapat mencoba ide baru karena untuk mereka harus meminjam dana berbungan dari bank. Bila gagal, tidak ada jalan lain bagi mereka kecuali harus membayar kembali pinjaman berikut bunganya dan bangkrut. Hal ini terjadi terutama pada para petani, jadi bunga merupakan rintangan bagi pertumbuhan dan juga memperburuk keseimbangan pendapatan.

Dalam sistem bunga, bank tidak akan tertarik dalam kemitraan usaha kecil bila ada jaminan kepastian pengembalian modal dan pendapatan bunga mereka. Setiap rencana bisnis yang diajukan kepada mereka selalu diukur dengan kriteria ini. Jadi, bank yang bekerja dengan sistem ini tidak mempunyai insentif untuk membantu suatu usaha yang berguna bagi masyarakat dan para pekerja. Sistem ini menyebabkan misallocation sumberdaya dalam masyarakat Islam.

  • Berangkat dari beberapa kepemahan sistem perbankan konvensional tersebut, maka perbankan syariah diharapkan mendapatkan kebebasan dalam mengembangkan produknya sendiri, sesuai dengan teori perbankan syariah. Jika kebebasan ini dapat diwujudkan maka secara ideal akan memberikan manfaat bagi:

  • terpeliharanya aspek keadilan bagi para pihak yang bertransaksi,

  • lebih menguntungkan dibandingkan perbankan konvensional,

  • dapat memelihara kestabilan nilai tukar mata uang karena selalu terkait dengan transaksi riil, bukan sebaliknya,

  • Transparansi menjadi sifat yang melekat (inheren),

  • memperluas aplikasi syariah dalam kehidupan masyarakat muslim.


 
Demikian artikel mengapa harus bank syariah, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa kunjungi www.kangipul.xyz untuk informasi selengkapnya.
Lebih baru Lebih lama