Mengenal Wordpress Admin Panel untuk Pemula

 Pada bagian ini kita akan Belajar WordPress untuk pemula mengenal panel admin dari blog kita di Wordpress.com.


Panel ini mirip dengan panel di Global Dashboard jika dilihat secara sekilas, namun ada beberapa perbedaannya. Agar kita tidak bingung dan bisa membedakan antara Wordpress Admin (wp-admin) dengan Global Dahsboard, mari kita perlajari Wordpress Admin ini.

Cara untuk masuk ke layar wp-admin di Wordpress adalah: jika kita berada pada layar Global Dashboard maka kita bisa mengarahkan mouse ke menu Global Dahsboard yang berada pada sudut kiri atas, lalu klik pada nama blog (tergantung nama blog yang dibuat), blog yang aku buat di Wordpress ini aku beri nama betenih, seperti gambar dibawah ini:

Namun jika kita berada pada halaman paling depan setelah login, kita bisa ke wp-admin (admin panel) dengan cara mengklik pada link My Dashboard yang terletak diantara My Account dan New Post.

Seperti yang kita lihat, ada perbedaan antara Global Dashboard dan Wp-Admin ini. Disini kita melihat ada sembilan tab yaitu : Dashboard, Write, Manage, Comments, Blogroll, Presentation, Users, Options,Upgrades. Beberapa hal mungkin sama dengan yang telah dibahas pada Global Dashboard, yang akan kita bahas adalah fungsi yang tidak terdapat pada Global Dashboard.

Write


Pada Tab ini terbagi menjadi 2 sub tab yaitu Write Post dan Write Page. Write Post adalah fasilitas untuk membuat artikel atau posting, pada layar Write Post ini terdapat panel editor Wysiwyg (What You See Is What You Get). Kita bisa menggunakan layar ini untuk membuat atau mengedit artikel. Apa saja kegunaan dari setiap tombol dan menu yang disediakan, dan bagaimana cara menggunakannya akan kita bahas pada artikel yang khusus.

Manage


Manage ini adalah layar untuk mengatur hal-hal yang berhubungan dengan artikel dan postingan yang terdapat pada blog. Manage terbagi dalam 6 sub tab yaitu:

  1. Posts - untuk mengatur postingan (artikel), hal-hal yang bisa kita lakukan disini adalah melihat, mengedit, dan menghapus artikel yang ada. Kita juga bisa mengatur komentar yang terdapat pada artikel yang bersangkutan.

  2. Page - sama seperti pada tab post, hanya saja pada Page tidak terdapat komentar.

  3. Uploads - untuk melihat semua file yang kita upload (video, dll).

  4. Categories - untuk mengatur kategori.

  5. Import - jika kita mempunyai blog lain selain Wordpress, kita bisa mengimport isi blog tersebut ke dalam blog di Wordpress.

  6. Export - untuk mengeksport semua isi blog.


Blogroll


Blogroll adalah link yang terdapat pada sidebar, kita bisa bertukar link dengan blog atau website lain menggunakan Blogroll ini. Ini bermanfaat bukan hanya untuk menjalin hubungan tapi juga meningkatkan page rank di search engine.

Presentation


Halaman ini mengatur segala hal yang berhubungan dengan tampilan dari blog, jika kita ingin mengubah hal-hal yang berhubungan dengan tampilan dari blog, carilah disini. Dilayar ini dibagi dalam 6 sub tab yaitu :

  1. Themes - untuk mengubah atau memilih theme dari blog, theme ini mungkin sama dengan Template pada Blogspot.

  2. Widgets - atau bisa juga disebut sidebar, ini mirip dengan page element pada Blogspot.

  3. Extras - untuk mengatur feuture-feuture yang terdapat pada blog.

  4. Custom Image Header - kita bisa mengubah gambar atas dari blog melalui layar ini.

  5. Color Header - untuk mengubah warna dari header.

  6. Edit CSS - untuk mengedit CSS blog.


User


Pada layar ini kita bisa mengatur semua user yang boleh menggunakan blog, jika blog kita adalah milik bersama. Kita bisa mengatur siapa saja yang diijinkan untuk mengisi blog tersebut.

Options


Layar ini untuk mengatur beberapa pilihan yang terdapat pada blog, terdapat 8 macam pilihan yang bisa kita akses yaitu:

  • General - memberikan pilihan untuk mengatur beberapa hal umum yang menyangkut blog, antara lain: Weblog title - judul dari blog, Tagline - keterangan singkat tentang isi blog, Language - bahasa yang digunakan, Membership - mengatur siapa yang boleh berkomentar, E-mail address - alamat email sang empunya blog.

  • Writing - mengatur: Size of the post box - jumlah artikel yang ditampilkan perhalaman, Formatting - format graphic, Default post category - kategori default pada saat membuat artikel baru, Default link category - default link.

  • Reading- mengatur hal-hal sebagai berikut : Front Page - halaman depan yang akan ditampilkan, Blog Pages - jumlah halaman yang ditampilkan, Syndication Feeds - cara menampilkan artikel bagi yang menggunakan feeds, Encoding for pages and feeds - tipe pengkodean.

  • Discussion - mengatur cara pengunjung berhubungan dengan artikel. Usual settings for an article - setting umum artikel, E-mail me whenever - mengatur apakah akan menerima email setiap ada komentar, Before a comment appears - mengatur komentar yang akan ditampilkan, Comment Moderation - mengatur komentar yang diperbolehkan, Comment Blacklist - mengatur kata-kata yang tidak boleh di gunakan dalam komentar.

  • Privacy - mengatur tingkat privacy blog.

  • Delete Blog - untuk menghapus blog.

  • OpenID - jika kita mempunyai website lain, atau website yang kita percaya dan mendukung OpenId Kita bisa login ke website tersebut melalui ini.

  • Domains - jika kamu mempunyai domain lain, kamu bisa mensetup disini.


Setelah kita belajar mengenal Admin Panel di Wordpress ini, tampaknya Wordpress memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Blogspot. Jadi sangat masuk akal jika kita jadi lebih tertarik untuk belajar Wordpress lebih jauh lagi, yok belajar Wordpress lebih dalam lagi.
Lebih baru Lebih lama