Lebih Baik Mana Beli Kamera atau Handphone ?

 Sering menjadi dilema bahwa kedua gadget elektronik di atas menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mengambil foto dengan lebih serius. Kedua perangkat telah meningkat pesat teknologinya dalam beberapa tahun terakhir, membuat pilihan menjadi lebih mudah.


Selama beberapa tahun terakhir, industri hp dengan kamera telah membuat lompatan besar dalam dunia fotografi. Ini yang sering disebut computational photography atau fotografi yang bergantung tinggi dengan proses komputasi seperti AI dan machine learning.

Perlombaan megapiksel juga telah selesai, dan sepertinya semua berhenti di sekitar 12MP yang cukup bagi pengguna kebanyakan. Tidak terlalu dipaksa dengan sensor handphone yang kecil yang bakal menimbulkan noise parah.

Perusahaan kamera juga tak kalah, mereka melakukan riset besar-besaran di era kamera digital dengan tidak hanya peningkatan kualitas foto dan video tetapi juga konektivitas dan fitur yang kaya, hingga terus memperkecil dan ukuran dan berat dengan hadirnya mirrorless.

Jadi Bisakah Smartphone Menggantikan Kamera ?

Tidak ada jawaban yang paling benar, karena akan ada beberapa sudut pandang. Dilihat dari segi kamera profesional, makan akan selalu ada peningkatan dalam dynamic range sensor dan resolusi dibandingkan sensor handphone yang kecil. Meski kamera juga akan selalu dibatasi oleh hukum fisika optik yang sulit dikompensasi dengan biaya rendah.

Sebaliknya kamera pada handphone tidak akan dapat mengakomodasi lensa yang lebih besar (agar bisa dipasangkan pada sensor yang lebih besar). Untuk itulah produsen Hp membuat pendekatan yang berbeda dibandingkan produsen kamera.

Mereka menggunakan perangkat lunak canggih dan khusus dengan algoritma AI dan machine learning agar mampu melakukan manipulasi digital karena dibatasi oleh fisik lensa dan sensor yang kecil. Tidak saja satu lensa dan satu sensor, tapi lebih dari itu. Ada yang 2 pasang lensa dan sensor, ada yang 3 pasang bahkan ada yang 4 pasang.

Hasilnya ? Sangat bisa mendekati hasil kamera DSLR atau mirrorless. Terbukti banyak kamera sekarang yang memiliki kemampuan mengambil potret bokeh tanpa perlu lensa prime, atau mengambil foto dengan sudut pandang lebar tanpa lensa wide.

Kesimpulan Akhir

Jika anda seorang profesional atau penghobi fotografi antusias. Tidak ada alasan lain, belilah kamera terbaik yang bisa anda beli karena banyak teknik fotografi yang hanya bisa dilakukan menggunakan kamera sungguhan. Misalnya terkait setting exposure manual, setting ISO, shutter speed dan lain sebagainya.

Sementara jika ada seorang penghobi fotografi biasa yang tidak terlalu peduli pada teknik dan konsep fotografi serta ingin instan, ambil handphone dengan kamera terbaik yang bisa anda beli. Sudah canggih kok, bisa portrait, wide, HDR didukung dengan aplikasi fotografi android atau iOS yang berjibun.

Seperti kata quote terkenal, “kamera terbaik adalah kamera yang anda pegang saat ini”. Berbagai artikel berkaitan dengan rumor berita kamera terkini juga teknik fotografi bisa dilihat di https://rumorkamera.com.
Lebih baru Lebih lama