PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

administrasitkpaud.com - Bahasa adalah sesuatu yang penting bagi semua seorang. Hal ini dikarenakan bahasa merupakan alat yang digunakan semua untuk menyampaikan perasaan, pesan, ataupun informasi untuk orang yang ada disekitarnya. Tanpa bahasa seseorang tak akan dapat mengkomunikasikan apa yangdiinginkannya.Dengan adanya bahasa manusia dapat berinteraksi dan bersosialisasi satu sama lainnya.karena itu keterampilan berbahasa harus diajarkan sejak usia dini mengingat fungsi bahasa berperan dalam membantu individu dalam mengekspresikan perasaan dan pikirannya.

Hal ini sejalan dengan pendapat Izzan (2010: 4) bahwa fungsi bahasa bagi individu, diantaranya:

  1. Bahasa berfungsi untuk mengekspresikan atau menyatakan emosi, perasaan, cita-cita, keinginan dan pikiran seseorang. Bahasa pun berperan sebagai alat untuk menghayati dan mengerti harapan, perasaan, pikiran dan keinginan orang lain. Anak usia dini mempelajari katakata untuk dapat mengatakan perasaan ataupun keinginannya
  2. Bahasa berperan sebagai alat untuk berpikir. Bahasa belum mempunyai bentuk tertentu jika masih berupa gagasan atau ide yang timbul dalam pikiran. Namun jika gagasan itu telah dituangkan dan diatur dalam bentuk kata ataupun kalimat yang diucapkan melalui lisan ataupun dicatat dengan simbol-simbol berupa tulisan, maka gagasan itu berubah menjadi bahasa dikarenakan telah berwujud. Anakanak belajar berpikir untuk menyusun kalimat yang akan dipakainya untuk disampaikan pada orang lain sesuai dengan maksud ataupun gagasan yang dimilikinya.
  3. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi seseorang dengan orang lain, serta menjadi sarana penghubung antara masyarakat bangsa yang satu dengan bangsa yang lainnya. Dengan demikian bahasa adalah salah satu faktor yang mampu mempererat hubungan dan memunculkan sikap saling pengertian antarbangsa. Anakanak mempelajari bahasa anak-anak mempelajari bahasa untuk saling Rima Puspita, Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak mengerti keinginan orang lain disekitarnya pun dapat dijadikan sebagai sarana yang akan dipakai untuk berkomunikasi dalamkesehariannya.

Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

            Menurut Eliason (1994) perkembangan bahasa dimulai sejak bayi dan mengandalkan perannya pada pengalaman, penguasaan dan pertumbuhan bahasa anak. Anak belajar bahasa sejak masa bayi sebelum mereka belajar berbicara mereka berkomunikasi melalui tangisan, senyuman, dan gerakan badan.

            Seperti yang dikemukakan diteori Nativist oleh Chomsky bahwa bahasa telah ada di dalam diri anak. Pada saat seorang anak lahir kedunia, anak tersebut telah memiliki seperangkat kemampuan berbahasa yang disebut “Tata Bahasa Umum. Meskipun pengetahuan yang ada di dalam diri anak tidak mendapatkan banyak rangsangan, anak akan tetap dapat mempelajarinya dengan baik. Disini serta dapat disimpulkan bahwa anak tidak hanya sekedar meniru bahasa yang dia dengarkan saja, tapi sang anak serta mampu menarik kesimpulan dari suatu pola yang ada. Hal ini karena anak memiliki system bahasa yang disebut perangkatpenguasaan Bahasa. Teori ini berpengaruh pada pembelajaran bahasa dimana anak perlu mendapatkan mannequin pembelajaran sejak dini.

            Belajar bahasa sangat krusial terjadi pada usia sebelum enam tahun. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini merupakan wahana yang sangat penting dalam mengembangkan bahasa anak, sehingga kondisi ini dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan berbahasa pada anak-anak usia dini. Anak pertama kali memperoleh bahasa dari ayah dan ibunya. Setelah dari  ayah dan ibunya bahasa lebih berkembang dari keluarganya. Setelah itu perkembangan bahasa serta berkembang pada saat anak telah dapat bergaul dengan temannya dan dengan orang yang ada disekitarnya. Dengan bantuan orang yang ada disekitarnya kosa kata anak akan bertambah dengan sendirinya. Dengan kosa kata yang mereka miliki pertumbuhan kosa kata anak akan tumbuh dengan cepat seperti dikemukakan oleh Sroufe( 1996) pertumbuhan kosa kata anak akan lebih cepat setelah mereka mulai berbicara.

            Dari hasil observasi di TK Aissiyah Busthanul Athfal dapat dimengerti perkembangan bahasa sangat penting . di TK tersebut perkembangan  bahasa anak telah dapat dibilang baik dan bagus. Mereka telah dapat memakai bahasa dengan pasih. Anak-anak diTK ini bahasanya telah jelas saat berbicara dengan temannya. Tapi diTK ini ada salah seorang anak yang belum pasih dalam berbicara. Nama anak itu adalah Lala. Lala  masih merasa kesulitan dalam menggabungkan abjad-abjad  yang susah kedalam suatu kata.  Lala berusia telah berusia 6 tahun . Abjad yang susah disebutkan Lala salah satunya huruf R dan S. dia susah membedakan bunyi huruf R dan S. Sehingga bahasa Lala masih terdengar celat ketika berbicara. Tapi disatu sisi lain ada anak yang bernama kaya yang lebih muda dari Lala yaitu Kaya. Walaupun Kaya lebih muda dari Lala bahasa Kaya lebih jelas daripada Lala. Kaya saat berbicara telah lancar dan jelas ketika didengar. Kaya serta telah dapat menyebutkan dengan baik satu persatu abjad .

Disinilah dapat diambil perbedaan dalam per diri anak dalam aspek bahasanya. Ada anak yang aspek bahasanya telah sangat baik, baik dan ada anak yang bahasanya masih kurang baik.

Tujuan Pengembangan Bahasa Bagi Anak Usia Dini

            Pengembangan bermain bahasa anak paud usia dini memiliki suatu tujuan, yaitu agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Lingkungan anak yang dimaksud adalah lingkungan yang terdapat pada sekitar anak yang meliputi, orang tua, teman, sebaya, dan orang dewasa yang ada disekitar anak. Kemampuan bahasa anak usia dini diperoleh dan dipelajari anak secara alami untuk dapat memyesuaikan diri sang anak dengan lingkungannya. Sehingga anak mampu bersosialisai, berinteraksi, dan merespon orang lain yang ada disekitar sang anak.

Fungsi Bahasa Bagi Anak

            Bahasa memiliki fungsi bagi anak, yaitu  sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kemampuan dasar pada anak usia dini. Secara khusus Gardner mengemukakan bahwa fungsi bagi anak usia dini adalah untuk menembangkan suatu ekspresi dan perasaan anak usia dini. Imajinasi dan pikiran serta termasuk kedalam sebuah bahasa anak usia dini.

Demikian artikel PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI, semoga bermanfaat


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama