Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi

Sistem informasi manajemen klinik gigi dikembangkan untuk membantu proses pendataan yang dilakukan secara manual menjadi komputasi. Dizaman ini pengolahan aplikasi dengan proses komputerasasi hampir digunakan oleh berbagai instansi.

Sistem informasi akan dikembangkan menjadi aplikasi berbasis desktop. Pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java. Aplikasi dirancang untuk kebutuhan website yang mudah digunakan dan user friendly, maka disini digunakan metode OOP dalam pengembangan website.

Sistem input, output, dan pengelolaan menggunakan metode OOP (Obejct Oriented Program) agar lebih mudah untuk digunakan. OOP adalah sistem program yang orientasi pembuatan program adalah pada object.

Kelebihan Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi

Aplikasi membantu pengerjaan dan pendataan yang bersifat administrasi. Penyimpanan berkas juga dapat dilakukan dalam skala yang besar dan dalam jangka waktu yang panjang. Karena berkas dan data akan tersimpan secara online sehingga akan aman sampai kapanpun.

Rancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi

Source code aplikasi dirancang dengan mengunakan bahasa pemrograman java. Agar informasi yang diiniput tersimpan dan dikelola dengan baik maka digunakan basis data mysql. Source code mysql dirancang dengan menggunakan aplikasi SQL management studio.

Metode client-service menjadi kelebihan dari aplikasi agar memudahkan pengguna untuk mengerti setiap fungsi yang terdapat pada aplikasi. Salah satunya dengan menambahkan source code OPP yang membuat yang berorientasi pada objek.

Fitur Pada Sistem Informasi Manajemen Klinik Gigi

1.      Halaman Awal

Fitur yang menampilkan informasi umum dan memuat tombol login pada halaman tersebut. Pada halaman awal anda akan melihat informasi seputar rumah sakit serta artikel kesehatan yang berkaitan dengan spesialisasi rumah sakit tersebut.

2.      Login

Pada halaman awal terdapat fitur login yang berguna untuk mengakses akun yang berisi data pribadi dan data rumah sakit. Fitur login dapat diakses oleh pegawai rumah sakit dan orang yang berwenang dalam rumah sakit tersebut. Proses penyimpanan data dilakukan dengan menggunakan mysql. Sehingga data yang diinput akan dijamin keamanannya, anda juga dapat mengisi data baru pada halaman login. Data tersebut akan otomatis tersimpan dalam sistem.

3.      Data Kepegawaian

Fitur yang menampilkan informasi civitas dari rumah sakit, anda dapat mengetahui dokter dan pegawai dirumah sakit dengan mengakses website tersebut. Informasi data kepegawaian berguna untuk membantu pasien mengetahui jajaran yang ada dalam sistem rumah sakit.

4.      Data Medis dan Rumah Sakit

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membantu untuk proses administrasi dengan sistem komputasi. Hal tersebut agar data yang dibuat jauh lebih sistematis dan terstruktur serta tersimpan dengan baik pada database.

 

Spesifikasi

Source code Aplikasi berbasis web ini didesain dengan menggunakan aplikasi berikut.

1.      Java SDK

2.      Netbeans

3.      SQL mysql

Lebih baru Lebih lama