Pengertian NFC dan Cara Kerjanya

Pengertian NFC dan Cara Kerjanya - NFC mempunyai kepanjangan Near Field Communication. Bila disimpulkan, NFC adalah satu alat berkomunikasi medan jarak dekat.

Fitur di teknologi itu membutuhkan suport dari 2 piranti yang cocok keduanya. 1 perangkat berperanan untuk transmitter serta piranti satunya untuk penangkap signal.

Di perangkat pendukung itu dipisah lagi jadi piranti pasif dan piranti aktif.

Piranti pasif hanya bisa mengirim info ke piranti yang lain memberikan dukungan tehnologi ini tanpa membutuhkan pertolongan daya. Misalnya ialah uang elektronik. Di piranti ini, tidak dibutuhkan pemrosesan informasi yang ada dari perangkat lain.

Disamping itu, piranti aktif bisa lakukan pengiriman serta akseptasi data. Contoh dari piranti NFC aktif ini diantaranya ialah handphone yang punyai fitur tehnologi (near field communication) dan pembaca kartu di transportasi yang memberikan dukungan pembayaran digital.

Perlu sahabat kenali, handphone yang mempunyai NFC bukan hanya bisa dipakai untuk membayar digital saja, tapi sahabat dapat memakainya untuk mengenali jumlah saldo dan lakukan pemenuhan uang digital.

Kecuali membayar digital, NFC di handphone dapat dipakai untuk menyambungkan piranti dengan handphone. Untuk contoh, handphone NFC bisa tersambung dengan camera digital.

Sahabat dapat memakai feature itu untuk "Ticket" memakai kendaraan transportasi. Bagus sekali kan?

Baca JugaTernyata Ada Fungsi Lain NFC Di Vivo V20, Apa saja Itu? Simak!


Cara Kerja NFC

Langkah kerja dari alat ini sebenarnya begitu serupa dengan performa Wi-Fi atau Bluetooth yang mengandalkan gelombang radio untuk mengirim kabar.

Tehnologi yang dipakai di fitur ini ialah RFID atau Radio Frequency Identification. Tehnologi ini termasuk juga dalam tipe yang lama di mana masih memakai induksi elektromagnetik untuk lakukan pengiriman info.

NFC bisa digunakan untuk induktor arus elektrik di elemen pasif untuk lakukan pengiriman data. Elemen pasif itu tak perlu memiliki daya, tetapi memakai medan elektromagnetik yang dibuat dari elemen aktif NFC di saat elemen didekatkan keduanya.

Tetapi, alat ini tidak mempunyai kompetensi untuk lakukan pemenuhan daya antar elemen piranti. Namun, dalam soal transfer data, NFC mempunyai kecepatan yang cukup cepat yaitu seputar 106,212 s/d 424 Kilobyte tiap detiknya.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai pemahaman NFC serta beberapa hal-hal lain yang terkait dengan NFC. Mudah-mudahan informasi ini bisa menambahkan sedikit pemahaman kita mengenai perubahan teknologi handphone sekarang ini. Well, sampai di sini saja artikel kesempatan ini, janganlah lupa berbagi bila sahabat berasa artikel ini bisa memberikan manfaat untuk seseorang. Terima kasih.

sumber: www.aldanpost.com

Lebih baru Lebih lama