Tips Membeli Laptop atau Netbook Second

Tips Membeli Laptop atau Netbook second - Selamat datang sobat, postingan kali ini tidak membahas tentang software atau hardware melainkan tentang tips..


Nah bagi sobat yang berkeinginan memiliki fasilitas komputer jinjing baik netbook ataupun notebook, namun budget nya tidak cukup untuk membeli yang baru. nah berarti sobat punya alternatif yaitu membeli barang dalam kondisi second.


Bila sobat ingin mendapatkan harga murah maka Membeli barang dari teman, tetangga, atau saudara. hehehe... biar nego nya bisa sambil becanda..


Bila membeli nya dari orang lain baik yang dikenal atau bahkan tidak dikenal maka sobat tanyakan dulu kelengkapan nya seperti adaptor original, cd/dvd driver, tas, dus, de el el (kalau-kalau itu adalah barang curian)


Pastikan sobat tanya-tanya dulu ke orang yang ngerti harga barang, sehingga harga nya minimal harga normal... (tidak aneh, kadang kala kalau harga dibawah normal/bahkan jauh dari normal, sobat jangan bahagia dulu.. takut-takut itu barang curian) :)


Nah berikutnya sobat periksa kondisi hardware dan software nya terlebih dahulu.

Baca JugaBegini Cara Memulai memperbaiki Komputer Anda


Tips untuk memeriksa hardware

  • Periksa Casing Depan, Atas, Belakang, Bawah (kalau-kalau ada cacat baik cacat gores/cacat bekas jatuh)
  • Periksa LCD nya (minus LCD biasa nya layar bergeter, berkedip, hitam, lampu gelap/tidak bisa ditambah brightness nya, dll)
  • Periksa Keyboard nya (buka aplikasi dokumen misal ms word, pijit semua tombol keyboard kalau-kalau ada beberapa tombol yang keras/bahkan tidak keluar huruf)
  • Kalau Notebook Periksa DVDRW nya (tekan tombol kalau-kalau tidak bisa dibuka, :) , masukkan CD program, CD Film, dll. masukkan pula DVD juga, kalau boleh coba burning juga. hihihi... kalau-kalau writer nya gak fungsi)
  • Periksa Wifi, pastikan kita berada pada area wifi lalu konekkan, setelah konek online internet dah.. , Periksa Bluetooth juga kalau ada
  • Periksa Port USB (colokkan flash disk ke semua port USB nya untuk
  • Periksa port Lancard nya, pasangkan kabel jaringan (coba atur IP Address nya dengan dinamis, agar ketahuan response pengikatan IP Address nya)
  • Periksa Hardisk nya, (secara fisik minimal dengarkan suara dari putaran piringan disk nya, barangkali sudah terdengar bunyi-bunyian, nah selain itu pada bagian ini sobat bisa memanfaatkan software seperti Hiren Boot untuk memastikan kodisi sektor hardisk nya, siapa tahu sudah ada yang bad)
  • Periksa SD Card nya
  • Periksa Batere nya (sobat mainkan musik, mainkan video, perhatikan notifikasi persentasi batere nya, selama waktu penggunaan menurun dengan cepat atau stabil), kalau bisa sobat uji sampai dengan batere nya habis da nnotebook mati,
  • Letelah itu lakukan langkah pemeriksaan kondisi internal batre, dengan cara pasangkan carger lalu lihat indikator batere nya (kalau-kalau ternyata adaptor tidak bisa charger, kalau charger tidak normal ada dua kemungkinan, pertama batere sudah drop kedua IC power/batere sudah rusak sehingga laptop tidak bisa carger)

Baca JugaBagaimanakah Perbedaan Peningkatan Komputer, Perbaikan Dan Membeli Baru


Tips Untuk memeriksa sofware


Periksa BIOS nya (saat komputer booting pertama tekan tombol delete/f2 tergantung BIOS nya, maksudnya untuk memastikan terpasword/tidak)


Periksa Sistem Operasinya (pernah kejadian saat beli notebook Sistem Operasi tidak sampai ke desktop, hanya bisa dampil sampai dengan tulisan Welcome dan setelah itu berhenti, setelah diperiksa ternyata yang rusak adalah hardisknya)


Periksa Sistem Operasinya, kalau-kalau ada virusnya "pasti sobat tidak mau berurusan dengan yang satu ini kan :D :D :D " , (scan denga anti virus yang sobat sukai dan up to date)


Periksa Aplikasi nya juga (kalau-kalau ada beberapa aplikasi yang sudah tidak berjalan)


Nah segitu dulu Tips nya, kalau ada diantara sobat Butek yang mau menambahkan saya persilahkan pada kolom komentar.salam hangat, semoga bermanfaaat!!!

Lebih baru Lebih lama