15 definisi Jaringan Komputer menurut para ahli

  • Jaringan Komputer ialah suatu hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui suatu media komunikasi untuk melakukan sebuah komunikasi data satu dengan yang lain guna berbagi sumber daya (resource) (Yayasan Sandhykara).
  • Jaringan komputer ialah suatu sistem yang terdiri atas sebuah komputer-komputer yang didesain untuk bisa berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web) (Jafar Noor Yudianto (2007)).
  • Jaringan komputer ialah suatu kumpulan komputer yang berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer contohnya dikatakan terkoneksi jika keduanya bisa saling bertukar informasi. Bentuk suatu koneksi bisa melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi (Umi Proboyekti).
  • Jaringan Komputer ialah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data (Abdul Kadir).
  • Jaringan Komputer ialah suatu kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam sebuah sistem yang mempunyai aturan tertentu untuk mengatur semua anggotanya dalam melakukan suatu aktivitas komunikasi. Satu komputer yang terkoneksi ke jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Sedangkan pada host secara umum diartikan sebagai komputer yang terkoneksi ke suatu jaringan yang bisa memberikan layanan jaringan (network service) (Tanaenbaum (2002)).
  • Jaringan Komputer ialah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling bisa berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyai nya (Izaas El Said).
  • Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari beberapa buah komputer dan suatu peralatan penunjang lainnya, yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lainnya (Madcoms).
  • Jaringan komputer ialah suatu kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, yang mempunyai suatu koneksi tertentu (Techi Wire House).
  • Jaringan komputer ialah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protocol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa saling memakai perangkat keras lainnya secara bersamaan, seperti printer, harddisk dan lain sebagainya (Kristanto (2003)).
  • Jaringan komputer ialah suatu seperangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu sama lainnya dengan tujun utama, yakni untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer ialah sumber daya internet (Zymon Machajewski).
  • Jaringan Komputer ialah suatu system yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama (Budhi Irawan (2005:5)).

  • Jaringan Komputer yaitu himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless) (Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta)).
  • Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dan dapat membagi data, aplikasi, peralatan komputer, dan koneksi internet atau beberapa kombinasi itu (Todd Lamle (2012:2)).
  • Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer (Muhammad  Zakaria).
  • Jaringan komputer merupakan sistem komputer dan printer, serta jalur data untuk penggunaan internet dan servernya (Anwar dan Tantrina).

Lebih baru Lebih lama