Pengertian dan Contoh Kuesioner Kinerja Karyawan di Dalam Suatu Perusahaan



Contoh kuesioner kinerja karyawan.Jika kinerja karyawan rendah dalam bekerja,maka sulit untuk perusahaan mencapai visi misinya.


Oleh karena itu suatu perusahaan penting untuk melakukan evaluasi supaya hubungan kerja maupun perjalanan instansi berjalan secara optimal.Evaluasi tersebut meliputi evaluasi manajemen dan kinerja karyawan.


Untuk melakukan evaluasi tersebut perusahaan dapat melakukan kuesioner kinerja karyawan.Apa itu kuesioner kinerja karyawan.


Kuesioner kinerja karyawan yaitu pengumpulan data dari suatu kelompok orang yang berisi tanggapan dari pertanyaan yang telah diberikan sebelumnya.


Penerapan kuesioner kinerja karyawan membuat perusahaan dapat lebih mudah menggali informasi dari karyawan sebagai dasar pengembangan perusahaan yang lebih baik.


Untuk penggalian informasi mendapatkan kuesioner dapat dilakukan beberapa cara seperti membagikan form(kertas),interview langsung(tatap muka) dan melalui aplikasi khusus (survey) di smartphone.Data-data yang diambil seperti


• Bagaimana jalinan komunikasi karyawan dengan rekan kerja,

• Apa saja kesulitan karyawan dalam menjalankan pekerjaannya,

• Apakah yang dilakukan karyawan sudah sesuai dengan harapan dan tujuan instansi.


Bagian yang mengurusi masalah kuesioner dalam suatu perusahaan adalah departemen personalia.Tetapi perusahaan juga dapat menyewa konsultan-konsultan sumber daya manusia jika bagian personalia kesulitan atau keterbatasan waktu.


Dalam melakukan kuesioner kinerja konsultan-konsultan sumber daya manusia yang menyediakan jasa melakukan kuesioner dari awal sampai memperoleh kesimpulan yang bersifat final.


Dengan melakukan kuesioner suatu perusahaan mendapatkan banyak manfaat untuk keberlangsungan suatu usaha.Berikut adalah manfaat kuesioner tersebut,


• Data yang terkumpul dapat dijadikan acuan tinggi rendahnya kinerja masing-masing karyawan.Selain itu perusahaan mempunyai pertimbangan jika ingin menaikkan gaji karyawan,


• Perusahaan mudah untuk melihat karyawan mana yang mempunyai kemampuan dalam mencapai target.Kemampuan tersebut dari segi kuantitas maupun kualitas dari suatu pekerjaan yang dijalankan karyawan,


• Sebagai cara suatu perusahaan lebih mudah dan cepat dalam menentukan strategi maupun pola kerja perusahaaan untuk lebih meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan.


Dari manfaat-manfaat tersebut perusahaan dapat mengevaluasi pola kerja maupun proses pekerjaan ke perubahan-perubahan yang lebih baik.


Sehingga perubahan tersebut mempunyai peluang suatu perusahaan dapat mencapai target-target yang telah ditetapkan sebelumnya.


Target-target tersebut dapat diupayakan untuk meningkat terus supaya suatu perusahaan dapat mendekati visi-misinya.Karena itu kuesioner kinerja karyawan sangat berguna untuk diterapkan oleh perusahaan.


Contoh Kuesioner Kinerja Karyawan


KUESIONER KARYAWAN PERIODE 05-11-2014 s.d. 05-11-2015

 NAMA : ________________________________

 DIVISI : ________________________________

 BAGIAN : ________________________________ 

JABATAN : ________________________________

 STATUS : KONTRAK / TETAP (pilih yang sesuai) 


================================================================================= PETUNJUK PENGISIAN # Pilih salah satu dari empat pilihan jawaban yang ada dengan memberi tanda [x] # Pilihlah jawaban yang Anda anggap benar, sesuai dengan hati nurani Anda atau mewakili pendapat Anda =================================================================================


 1.Apakah tingkat pencapaian volume kerja yang Anda hasilkan telah sesuai dengan harapan perusahaan ? 

[ ] Sangat sesuai 

[ ] Sesuai

 [ ] Kurang sesuai

 [ ] Tidak sesuai


 2.Apakah kuantitas kerja yang diberikan kepada Anda sudah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ?

 [ ] Sangat sesuai 

[ ] Sesuai

 [ ] Kurang sesuai

 [ ] Tidak sesuai 


3.Apakah Anda sudah memaksimalkan pencapaian hasil akhir yang ditargetkan oleh perusahaan ?  

 [ ] Sangat memaksimalkan

 [ ] Biasa saja

 [ ] Kurang memaksimalkan

 [ ] Tidak memaksimalkan 


4.Apakah Anda sudah meminimalisir tingkat kesalahan dalam bekerja ?  

 [ ] Selalu 

[ ] Sudah 

[ ] Kadang-kadang

 [ ] Tidak pernah 


5.Apakah standar kualitas kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat Anda capai dengan baik dan optimal ?   

[ ] Selalu tercapai

 [ ] Sudah tercapai 

[ ] Kadang-kadang tercapai 

[ ] Tidak tercapai 


6.Ketika Anda menyelesaikan satu pekerjaan, apakah hasilnya Anda periksa lagi ?   

[ ] Selalu

 [ ] Sudah 

[ ] Kadang-kadang

Lebih baru Lebih lama