Tips Memilih Sleeping bag untuk Pemula

Tips Memilih Sleeping bag untuk Pemula - Sleeping Bag (kantung tidur) adalah barang yang harus dibawa ketika mendaki gunung untuk jaga kehangatan badan kita waktu tidur.


Di pasaranpun sekarang banyak telah beredar bermacam tipe kantung tidur dengan berbagai harga dan model. Tetapi bagaimana memilih sleeping bag yang pas untuk lakukan aktivitas pendakian?


Berikut Panduan pilih sleeping bag untuk mendaki gunung:


1. Bentuk Sleeping Bag


Tips memilih sleeping bag yang pertama ialah penyeleksian bentuk. Pada umumnya memiliki bentuk terdiri ke dalam dua jenis, yakni sleeping bag cozmeed dengan wujud mumi dan wujud tikar/selimut. Sleeping bag dengan wujud mumi di rasa paling cocok untuk aktivitas mendaki gunung sebab wujud berikut yang di rasa paling bisa menghangatkan badan.


Sleeping bag lain dengan wujud tikar umumnya lebih dicintai oleh mereka yang hoby lakukan travelling atau backpacking. Lantas ada juga wujud lainnya yakni mempunyai lubang pada tangan, type ini membuat pemakainya lebih gampang bergerak dibanding dengan mode mumi atau tikar.


2. Pilih sleeping bag yang memiliki penutup kepala


Sleeping bag dengan penutup kepala sanggup menghangatkan kuping yang gampang terkena temperatur dingin. Bahkan juga sanggup menghangatkan pipi kamu waktu kondisi sedang dingin. Penyeleksian sleeping bag ini sanggup menghindari kalian dari hipotermia yang dirasa.


3. Bahan Sleeping Bag


Sleeping bag dibikin dari bermacam jenis bahan dan peranan salah satunya ialah :


Bahan parasit: yang berbobot yang lumayan ringan, bahan parasit umumnya dilapis dengan kapas atau bulu dibagian tengahnya yang akan membuat Kamu lebih hangat

Bahan sintetis (polyester): sleeping bag dengan bahan sintetis lebih enteng dan gampang kering

Dacron: bahan ini ibarat isi boneka, memiliki sifat enteng dan cukup hangat tetapi terkadang mengonsumsi tempat dalam ransel.

Bahan polar: mempunyai keunggulan memberi kehangatan yang lebih bagus sama ukuran yang lebih minim

Panduan pilih sleeping bag yang sesuai keperluan kamu waktu naik gunung yakni pilih bahan dengan kombinasi polar dan dracon supaya bertambah lebih hangat, namun harga sleeping bag ini dapat disebut tambah mahal dari yang lain.


4. Pilih sleeping bag yang panjangnya sesuai tinggi tubuh


Penting mengenali panjang dari sleeping bag yang akan kita membeli. Hingga sanggup membuat semua badan kita tertutup bahkan ujung kaki. Ujung kaki juga perlu diperhatikan karena anggota badan ini benar-benar mudah jadi dingin waktu desakan udara sedang rendah.


Meskipun harga sleeping bag yang lebih panjang tambah mahal, tetapi bila kita pilih sleeping bag sama ukuran yang sedikit pendek malahan membuat kaku kita jadi tertekuk dan hal tersebut di rasa kurang efisien, apalagi untuk memperoleh tidur yang bekualitas.


Kecuali sleeping bag ada juga barang-barang yang jangan tertinggal waktu kita sedang naik gunung. Baca artikel itu dengan click di sini.


5. Pastikan sleeping bag memiliki resleting yang baik


Beberapa sleeping bag memiliki masalah di bagian resleting yang macet dan rusak, walau sebenarnya masih baru atau baru seringkali digunakan. Saat sebelum pilih, tes lebih dulu kualitsa resleting itu. Panduan pilih sleeping bag seterusnya yakni tidak boleh malu untuk coba resleting sleeping bag tersebut seringkali waktu ada di toko untuk pastikan kualitas tebaik supaya tidak menyesal nanti.


Pemilihan resleting punya pengaruh pada kehangat di sleeping bag. Bila pengin yang lebih hangat lebih bagus kamu pilih sleeping bag dengan resleting ukuran rit yang lebih kecil serta lebih rapat. bila kamu pilih ukuran rit yang kecil dan rapat karena itu udara yang masuk akan makin berkurang daripada resleting sama ukuran rit yang semakin besar.

Lebih baru Lebih lama