5 Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan

5 Peluang Usaha Pertanian Yang Menguntungkan - Peluang Usaha Pertanian bisa menjadi lahan binis yang menguntungkan. Apalagi jika memang paham mengenai hal-hal yang berbau pertanian. Usaha yang bisa dilakukan bisa berkaitan dengan pertanian itu sendiri misalnya bertani tanaman empon-empon seperti jahe merah atau kunyit. Bisa juga berjualan hal-hal yang mendukung pertanian seperti pupuk, bibit tanaman, polibek atau plastik untuk tempat bibit. Apabila di sekitar lokasi banyak petani tidak ada salahnya membuat usaha pupuk organik baik pupuk organik cair ataupun pupuk organik padat. Apalagi cara pembuatan pupuk organik juga relatif mudah.

Banyak tutorial atau pelatihan mengenai pembuatan pupuk organik yang bisa dipraktikkan. Peluang Bisnis Pertanian yang mudah dilakukan Setidaknya ada 5 peluang usaha pertanian yang bisa dilakukan sehingga bisa memberikan keuntungan ketika dilakukan dengan kerja keras. Beberapa peluang tersebut antara lain :

1. Usaha tanaman hias. 

Tanaman hias termasuk salah satu tanaman yang banyak dicari untuk memperindah suasana rumah. Banyak jenis tanaman hias yang disukai misalnya bunga mawar, melati, anggrek, dan lainnya. Usaha yang bisa dilakukan dengan menanam tanaman hias atau justru berjualan tanaman hias.

2. Berjualan pupuk organik. 

Pupuk organik saat ini sering menjadi alternatif para petani karena lebih aman bagi tanah maupun tanaman. Pupuk organik hadir dalam bentuk cair maupun padat. Bisa membuat sendiri atau bekerja sama dengan pengusaha atau orang yang membuat pupuk organik.

3. Berjualan makanan ternak. 

Usaha ini cukup menjanjikan terutama di musim kemarau dimana makanan ternak relatif sulit ditemukan. Tanaman ternak yang bisa dijual misalnya pohon jagung atau biasa dikenal dengan naman tebon.

4. Usaha Keripik Buah dan Sayur. 

Saat berniat untuk memulai bisnis yang berhubungan dengan pertanian salah satu yang bisa dilakukan adalah usaha keripik buah dan sayur. Buah dan sayur adakalanya tidak habis terjual saat itu juga. Jika tidak memiliki tempat pendingan untuk menyimpang sayur dan buah tersebut seringkali hanya akan membusuk. Jika ini dibiarkan maka yang terjadi hanya kerugian saja.

Tentu yang terpengaruh dampaknya adalah para petani buah dan sayur serta penjual buah dan sayur. Jika melakukan usaha keripik buah dan sayur maka para kerugian yang dialami pun bisa ditekan. Apalagi untuk memulai juga relatif mudah. Tentu saja harus memiliki mesin pembuat keripik buah dan mesin pengemas yang saat ini semakin mudah untuk membelinya.

5. Berjualan buah atau sayur. 

Usaha ini bisa dilakukan melalui kerja sama dengan petani buah dan sayur. Akan lebih mudah lagi jika dilakukan bersamaan dengan usaha lain misalnya usaha jus atau keripik buah dan sayur. Hal ini untuk mengantisipasi ketika buah dan sayur tidak mampu terjual semua. Tentu saja usaha ini tidak bisa dilakukan sekaligus apabila modal yang dimiliki terbatas. Namun bisa menjadi salah satu usaha menjajikan di bidang pertanian.

Pemasaran yang dilakukan Proses pemasaran usaha pertanian yang dilakukan bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang dilakukan. Misalnya usaha keripik buah dan sayur maka promosi bisa dilakukan melalui online. Cara berjualan lainnya bisa dilakukan dengan menitipkannya ke toko oleh-oleh.

Berjualan jus atau buah pun juga bisa dipromosikan melalui online termasuk berjualan tanaman hias. Akan lebih diminati apabila diberikan fasilitas delivery. Saat ini konsumen memiliki kecenderungan hal-hal praktis.

Nah, tidak ada salahnya jika Anda bisa memanfaatkan peluang usaha pertanian satu ini sehingga bisa benar-benar memberikan keuntungan maksimal. Nah, untuk anda yang suka dengan dunia pertanian bisa mampir ke https://www.bertaniorganik.com, terima kasih.

Lebih baru Lebih lama