Fortuner SUV Terbaik

Fortuner SUV Terbaik di Indonesia. Pernyataan tersebut nampaknya bukan main-main. Sejak kehadirannya di tahun 2005, Fortuner sudah merajai market share penjualan mobil jenis Sport Utility Vehicle. Kini Toyota Fortuner hadir kembali dengan tampilan yang lebih gagah dan tetap menawarkan kenyamanan dan kemewahan

Sudah nyaris 7 tahun kendaraan jenis jip ini hadir di Indonesia. Dengan kapasitas 7 orang, ground clearance yang cukup tinggi, dan disain yang menawan, tidak heran di kuartal awal tahun 2009, Fortuner terjual hampir 3000 unit. Hingga kini, SUV ini penjualan SUV ini terus meroket dan sempat dianugrahi Best Diesel SUV oleh Car Lifestyle Award 2012. Itulah alasan mengapa ada pernyataan: Fortuner SUV Terbaik di Indonesia


Sejarah Toyota Fortuner

Nama aslinya adalah Toyota SW4. Awalnya dibuat dengan basis Toyota Hilux; SUV yang merupakan SUV ukuran besar. Kemudian dimodifikasi menjadi ukuran medium untuk pasar Asia, khususnya Asia Tenggara. Proses perakitan Toyota SW4 dilakukan di Thailand,dan diimport ke Indonesia oleh Toyota Astra Motor (TAM). Di Thailand, SUV ini diberi nama Toyota Vigo, sedangkan di Indonesia dipilih nama Toyota Fortuner.


Varian Toyota Fortuner

Toyota Fortuner ditawarkan dalam berbagai macam varian. Variannya sebagai berikut:

- G M/T

- G A/T

- G Lux A/T

- V A/T


Varian paling dasar adalah G M/T menggunakan mesin diesel 2.500 cc D-4D dengan transmisi manual dan penggerak 4×2. Varian ini dijual dengan harga paling murah dibanding lainnya. Kemudian diikuti dengan G A/T bermesin bensin dengan kapasitas 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i, berpenggerak 4×2, dan mempunyai transmisi otomatis.


Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T, yaitu berbahan bakar bensin 2.700 cc, berpenggerak 4×2, dan mempunyai transmisi otomatis. Perbedaannya terletak pada interior, menawarkan interior yang mewah dengan jok kulit dan tape in-dash dengan monitor 6 inchi. Varian paling mewah adalah V A/T yang memiliki semua spesifikasi yang ada di tipe G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4×4.


Teknologi Diesel Commonrail D4D

Toyota Fortuner SUV dengan mesin diesel dipasarkan dengan mesin diesel yang berkode 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection yang menggunakan teknologi baru sistem Common Rail. Di Indonesia Toyota Fortuner dengan mesin diesel ini lebih diminati dibanding yang bermesin bensin. Harga jualnya yang murah dan mengonsumsi solar yang lebih irit adalah alasan utama kenapa Fortuner diesel penjualannya meningkat tajam. Karena permintaan pasar yang cukup tinggi, di tahun 2009 Fortuner diesel merilis varian diesel dengan transmisi otomatis.


Mesin diesel common rail mempunyai cara kerja yang berbeda dengan mesin diesel konvensional. Memiliki sebuah teknologi kontroler elektronik yang mengatur tekanan injeksi bahan bakar yang akurat. Dibantu dengan teknologi high pressure injection, sehingga penyaluran output ke mesin lebih tepat dan sesuai, malah dapat memberikan 3 kali lipat lebih akurat dibanding injektor konvensional. Proses injeksi yang lebih efisien ini membuat konsumsi bahan bakar solar lebih sedikit.


Toyota Grand New Fortuner 2012 Dengan Teknologi VNT

Toyota Grand New Fortuner menjawab keluhan akan kurangnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel D4D 2.500. Dengan teknologi VNT atau Variable Nozzle Turbo tidak perlu lagi repot-repot mempersenjatai mesin Fortuner dengan turbo tambahan. VNT mempunyai fungsi yang sama dengan kerja turbo-changer, yakni menyedot oksigen lebih banyak agar pembakaran sempurna. Teknologi VNT mengatur secara otomatis bilah-bilah rumah turbin tanpa harus tergantung dengan putaran mesin. Sehingga saat putaran mesin rendah, turbin dan kompresor tetap dapat bekerja dengan efektif. Berbeda dengan turbo-changer konvensional yang bekerja saat putaran mesin tinggi saja. VNT meningkatkan tenaga mesin dari 26.5 kgm/1.600 – 2.400 rpm  menjadi 35 kgm/1.600-2.800 rpm.

Pemilik Toyota Fortuner jenis lama pun dapat mengimplementasikan teknologi VNT, dengan menambah dana sebesar 25 juta, mesin non-VNT dapat di-upgrade dengan piranti VNT asli Toyota tanpa rasa was-was.

Tampilan Grand New Fortuner pun semakin gagah dengan adanya air-scoop atau lubang udara di kap mesin. Air-scoop ini tidak hanya membuat tampilan menjadi menarik saja, namun berfungsi mendukung penyaluran oksigen ke VNT.


Ulasan dan Review Toyota Grand New Fortuner menurut situs review

Sebagai penggemar aktivitas off-road, Grand New Fortuner yang dilengkapi teknologi VNT dan intercooler ini cukup menggiurkan. Tenaga yang dihasilkan dengan VNT jauh lebih besar dibanding tanpa VNT, ini sangat berguna saat melewati medan yang berat. Selain itu, teknologi VNT ini juga sangat membantu dalam perjalanan jarak jauh on-road seperti lintas pantai utara jawa (pantura) atau lintas timur Sumatra. Konsumsi bahan bakar solar yang tetap ekonomis namun tenaga yang dihasilkan cukup besar adalah nilai yang paling utama.

Ekspedisi Euro Asia dari Jakarta hingga Roma Italia dengan Toyota Fortuner cukup membuat iri pecinta road-trip. Apalagi ketika menonton video ekspedisi EuroAsia Fortuner.  Jika diberi kesempatan untuk mengendarai Fortuner SUV Terbaik ini, kami akan mengendarainya keliling Indonesia hingga Malaysia dan Brunei melalui jalan darat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama