Yuk Jalani 4 Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Yuk Jalani 4 Gaya Hidup Ramah Lingkungan

 

Bumi merupakan tempat tinggal bagi kita dan juga generasi penerus kita. Kita sebagai penghuninya mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga bumi yang selama ini kita huni.

Tanggal 22 April lalu adalah hari yang diperingati sebagai Hari Bumi. Hari Bumi pertama kali diperingati pada tahun 1970 sebagai hari untuk mempromosikan kesadaran akan masalah lingkungan dan juga mendidik masyarakat luas tentang dampak berbahaya dari polusi, limbah, dan penggundulan hutan terhadap lingkungan.

Usaha yang telah kita lakukan baik itu kecil ataupun besar, mempunyai dampak besar dalam mengurangi jumlah kerusakan yang dihasilkan. Berikut ini terdapat ulasan mengenai cara mudah jalankan gaya hidup sehat yang lebih ramah lingkungan.

1.      Kompos organik

Membuat kompos organik adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah. Kompos organik adalah pupuk yang dihasilkan dari bahan-bahan organik seperti sisa makanan, sayuran, dan buah-buahan.

Lalu, bagaimanan cara membuat kompos? Caranya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan komposter, sebuah kontainer yang digunakan unuk mengubah sampah organik menjadi kompos. Kemudian masukkan sampah organik ke dalam komposter dan pastikan isinya dalam kondisi lembab. Setelah itu biarkan selama beberapa minggu. Kompos siap digunakan untuk taman di rumah atau tanaman pot apa pun yang kamu miliki di rumah.

Kamu juga bisa menyediakan tempat sampah kompos untuk membantu mengurangi jumlah sampah organik sehari-hari di rumah.

2.      Kurangi kantong plastik

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah kebiasaan. Jika saat belanja kamu sering menggunakan kantong plastik untuk belanja ke pasar, maka sebaiknya mulailah kurangi kebiasaan tersebut dengan membawa tas belanja sendiri dari rumah yang ramah lingkungan. Hal sederhana itu membuat Anda perlahan-lahan mengurangi jumlah sampah plastic yang dibuang ke dalam tong sampah 3 warna.

3.      Gunakan botol air minum pribadi

Jika kamu sedang bepergian, kamu bisa membawa air minum yang ditempatkan di tumbler isi ulang agar kamu tidak terus-menerus membeli air minum dalam kemasan. Selain bisa menghemat pengeluaran, hal sederhana ini juga bisa membuat kamu mengurangi sampah plastik yang menjadi masalah lingkungan.

4.      Kemasan karton

Membeli makanan yang menggunakan kamasan karton bisa menjadi pilihan tepat karena memberikan dampak positif bagi lingkungan. Carilah produk yang menggunakan kemasan karton berbahan nabati.

Lebih baru Lebih lama