5 Masalah yang Sering Terjadi Pada AC di Rumah

5 Masalah yang Sering Terjadi Pada AC di Rumah

Air conditioner (AC) atau pendingin ruangan kini jadi keperluan penting rumah tangga kelompok kelas menengah. AC tidak cuma terpasang di ruang tidur, tetapi juga ruang lain seperti ruang keluarga dan ruang tamu. Apabila anda mencari Jasa service ac, anda bisa menghubungi Service Ac Daikin di Malang.

Untuk kenyamanan dan semakin panasnya udara jadi alasan masyarakat kelas menengah memerlukan AC. Tetapi semua kenyamanan itu dapat terganggu saat AC memiliki masalah. Pemakaian yang terus-terusan dan tidak cermatnya perawatan alat electronic itu menjadi penyebab AC mengalami masalah.

Berikut lima masalah atau gangguan yang umum terjadi pada AC di rumah Anda, seperti yang di rangkum dari Service Ac Malang :

 

1. Salah Mengatur Suhu

Ada berbagai sebab pendingin ruang di dalam rumah terasa tidak dingin. Yang paling mudah dilihat ialah pada pengontrolan suhu di remote AC. Upayakan Anda telah mengatur suhu AC sesuai situasi yang ada. Bila memang suhu udara tengah panas, Anda dapat menurunkan suhu sehingga AC akan makin dingin.

 

2. Filter Kotor

AC akan terasa tidak dingin saat filter atau saringan AC kotor. Filter yang kotor membatasi saluran udara ke unit AC hingga menurunkan kemampuannya mendinginkan udara. Jika Anda telah lama tidak membersihkan filter AC, seharusnya kerjakan segera. Semestinya filter dibersihkan minimal sebulan sekali. Apa lagi bila AC di dalam rumah dipakai terus-terusan.

 

3. AC Bocor

Perawatan yang tidak baik dapat mengakibatkan AC Anda mengalami kebocoran. Pertanda biasanya ada air yang menetes dari AC. AC bocor biasanya karena saluran pembuangan AC yang terhalang hingga aliran airnya tidak lancar. Saat air AC sampai ke bak tempat penampungan, karena tidak lancarnya aliran  pembuangan ini, jadi menumpuk dan menetes ke luar.

 

4. AC Berisik

Permasalahan yang lain bisa terjadi pada pendingin ruang di dalam rumah Anda ialah timbulnya suara berisik dari AC. Seharusnya AC yang dalam keadaan baik, tidak mengeluarkan suara saat dihidupkan. Tetapi bila AC di dalam rumah keluarkan suara, seharusnya segera lakukan pengecekan. Suara berisik dari AC bisa muncul karena banyak hal, dimulai dari ada sekrup atau baut yang kendur, dudukan penyangga AC tidak diletakkan di lokasi yang rata, sampai masalah compressor.

 

5. AC Tiba-tiba Mati dan Hidup

Sudah pernahkah AC Anda mendadak tidak mengeluarkan udara dingin, walau sebenarnya masih juga dalam kondisi ON atau menyala? Saat keadaan itu terjadi AC biasanya akan mati dalam beberapa saat, selanjutnya hidup atau mengeluarkan udara dingin kembali. Keadaan ini tentu tidak membuat nyaman karena saat AC mati, udara ruangan berasa panas.

 

Penutup

Demikian artikel yang membahas mengenai 5 Masalah yang Sering Terjadi Pada AC di Rumah. Semoga artikel ini bisa membantu kalian para pembaca sekalian. Terimakasih 

Lebih baru Lebih lama