Cara Nonton TV di Laptop untuk Semua Stasiun TV

TV merupakan salah satu perangkat yang dulunya banyak ditonton masyarakat Indonesia. Namun dengan perkembangan teknologi yang cepat dan cara nonton TV di laptop yang mudah, jumlah penonton TV tradisional semakin menurun. Hal ini juga diperkuat dengan studi Nielsen pada tahun 2016 yang menunjukkan bahwa penonton TV tradisional turun 10,4% menjadi 8,4 juta orang per menit.

Jumlah ini berpotensi untuk semakin turun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Selain itu, saat ini banyak website yang dapat menayangkan siaran sebuah stasiun TV. Sebagian stasiun TV di Indonesia sendiri juga telah memiliki website tersendiri untuk menyiarkan programnya. Jadi, jika ada yang melewatkan sebuah acara di TV, dapat menontonnya melalui website resmi dari TV tersebut.

Cara Menonton TV dengan Menggunakan Internet

Salah satu kunci untuk menonton TV di laptop adalah dengan menggunakan internet. Dengan sambungan internet, para penonton bisa memilih stasiun TV yang ingin ditonton dengan lebih mudah. Namun, jika ingin menggunakan cara ini, pastikan memiliki sambungan internet yang stabil agar nontonnya tidak sampai terganggu. Untuk lebih detailnya, berikut adalah cara nonton TV di laptop menurut www.neotekno.com :

1. Membuka Web Resmi Stasiun TV

Bagi yang tidak ingin tertinggal dengan program dan tayangan kesayangan sebuah stasiun TV, maka cobalah menonton dari website resminya. Saat ini, hampir semua stasiun TV di Indonesia memiliki live streaming untuk program yang sedang tayang. Selain itu, dengan mengunjungi website resminya, para pemirsa dapat mengetahui jadwal program yang ada pada stasiun TV tersebut.

Untuk yang ingin menonton TV di laptop, maka bukalah browser terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan website resmi dari stasiun TV lalu tekan enter. Beberapa contoh website resmi dari stasiun TV di Indonesia adalah indoesiar.com, rctiplus.com dan masih banyak lagi. Jika mengalami kesulitan dalam mencari website resminya, carilah di google terlebih dahulu.

Setelah masuk ke halaman stasiun TV, pilihlah bagian live streaming, yang biasanya terletak di tengah atas. Lalu tekan tombol segitiga untuk menonton program yang sedang tayang saat itu. Namun, terkadang ada beberapa website yang langsung menunjukkan live streaming pada halaman utamanya. Bagi yang ingin menonton siarang ulang sebuah program, dapat ke bagian catch up atau tulisan siaran ulang.

2. Membuka Layanan Streaming TV

Cara nonton TV di laptop yang berikutnya adalah dengan membuka layanan streaming TV. Saat ini ada banyak website dan layanan yang menampilkan siaran TV Indonesia maupun luar negeri. Bagi yang ingin menonton acara stasiun TV Indonesia dapat mengunjungi layanan seperti useetv.com, mivo.com dan kompitv. Sedangkan yang ingin menonton acara luar negeri secara gratis, dapat mencoba tastedive.com atau vulture’s streaming guide.

Cara nonton TV di laptop dapat dilakukan dengan membuka browser. Kemudian ketik nama layanan streaming yang ingin digunakan. Selanjutnya, ketik enter hingga masuk ke halaman website. Pilihlah stasiun TV yang ingin dipilih lalu klik tanda segitiga untuk menayangkan program yang sedang berlangsung saat itu.

Bagi yang ingin menonton siarang ulang sebuah program, dapat memilih terlebih dahulu tanggal tayang program. Contohnya, apabila program tayang pada hari Selasa, tanggal 23 Feb 21, maka pilihlah tanggal tersebut. Selanjutnya, pilih juga jam tayangnya. Nanti akan muncul beberapa pilihan program yang tayang pada sekitar jam tersebut. Pilihlah program yang ingin ditonton dengan menekan gambar atau tulisannya.

Jika memilih cara-cara diatas untuk  nonton program TV dengan lancar, pastikan untuk memiliki koneksi internet yang kuat. Jika tidak tayangan program akan muncul putus-putus, membuat tayangan terganggu. Selain itu, tayangan juga akan tampak tidak jelas dan sedikit buram. Jadi, kualitas internet akan menentukan kualitas gambar dari tayangan.

Cara Menonton TV Tanpa Koneksi Internet

Bagi yang tidak memiliki koneksi internet tetap dapat menonton TV di laptop. Cara ini tidak akan menambah ongkos karena menggunakan cara manual untuk menayangkan layar tv ke laptop. Selain menggunakan kabel, ada juga TV tuner yang memberikan fasilitas TV pada laptop. Ingin tahu lebih lanjut dan cara pemakaiannya? Berikut adalah beberapa cara nonton TV di laptop yang dapat dicoba:

1. Menghubungkan dengan TV Tuner

Untuk yang memiliki koneksi internet yang terbatas, dapat menggunakan TV tuner untuk menonton TV di laptop. TV tuner sendiri adalah perangkat yang dapat menampilkan program dan tayangan sebuah stasiun TV. Ketika membeli TV tuner, pembeli juga akan mendapatkan CD untuk menginstall program. Jadi, sebelum menyambungkan ke laptop, pastikan sudah terinstall dulu.

Pertama, masukkan CD ke dalam laptop untuk menginstall program. Ketika ingin menginstall program, jalankan autorun dan pastikan untuk tidak memasang USB sticknya terlebih dahulu. Jika sudah terinstall, maka restart laptop terlebih dahulu. Apabila laptop sudah menyala kembali, tancapkan USB sticknya dan tunggulah hingga laptop mendeteksi software TV. Jika sudah berhasil, silahkan dibuka dan selamat menikmati menonton TV.

2. Menyambungkan dengan Kabel

Cara terakhir untuk menyambungkan TV ke laptop adalah dengan menggunakan kabel. Cara ini merupakan cara tradisional, namun lebih mudah karena dapat digunakan untuk hampir semua TV dan laptop. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan cara ini, cek terlebih dahulu jenis port yang ada di TV dan di laptop.

Umumnya, TV keluaran baru, hanya menggunakan port HDMI saja. Sedangkan TV model lama biasanya dapat menggunakan kabel port S yang ujungnya berbentuk bulat. Selanjutnya, pasangkan ujung kabel sat ke TV dan yang satunya ke laptop. Pastikan untuk menyambung kabel sesuai dengan bentuknya dan pastikan benar antara output dan input.

Saat semua kabel telah terhubung, maka hidupkan laptop dan TV. Karena ingin menampilkan TV pada laptop, maka aturlah dari laptop pada menu Setting. Selanjutnya pilih settingan yang diinginkan dan resolusi gambar. Jika semua dilakukan dengan benar, maka TV seharusnya sudah tersambung pada laptop.

Sama halnya dengan menyambungkan laptop ke TV atau sebaliknya, sebelum menyambungkan kedua perangkat, periksalah fitur yang ada. Sebagian TV dan laptop saat ini hanya memiliki port HDMI. Sedangkan TV lama tidak memiliki port HDMI dan hanya bisa menggunakan kabel VGA.

Jadi, itulah beberapa cara nonton TV di laptop yang dapat dicoba. Bagi yang tidak memiliki TV, maka sebagian cara diatas dapat dilakukan untuk menonton program pada TV. Namun, bagi yang menggunakan internet untuk menonton di laptop, pastikan untuk memiliki internet yang stabil. Jika tidak, maka proses streaming akan terhambat membuat tayangan tidak jelas.

Bagi yang mencari cara nonton TV di laptop tanpa kuota internet, dapat menggunakan TV tuner. Untuk menggunakan perangkat ini membutuhkan usaha lebih untuk memasangnya. Namun, keuntungannya adalah kuota internet tidak akan terpakai dan berkurang. Jadi, silahkan memilih mana cara yang terbaik untuk menonton TV di laptop.

Lebih baru Lebih lama