Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Percetakan Digital

Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Percetakan Digital

Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Percetakan Digital - Mesin yang digunakan dalam dunia offset dan percetakan digital tentulah beragam. Setaknya dibedakan menjadi tiga yang kita kenal sekarang ini antara lain:


1. Mesin Cetak Offset


Cetak offset adalah macam mesin percetakan offset yang membutuhkan beberapa proses design. Mulai dari perhitungan harga kertas, macam kertas yang akan digunakan, ukuran kertas yang diperlukan dan pembelian kertas yang dilakukan sesuai dengan keperluan. 


Sesudah memperhitungkan permasalahan kertas Anda juga mesti menyimak mengenai repro film master yang akan Anda gunakan untuk membangun master atau induk 1 yang akan Anda gunakan untuk mencetak. Umumnya benda ini berwujud plat yang digunakan di atas mesin percetakan offset. 


Mesin cetak offset adalah suatu mesin yang dapat mencetak dengan cepat untuk jumlah yang besar, dengan karena itu pekerjaan yang sedikit terlalulah tak cocok untuk mesin macam ini. Ukuran yang dapat di cetak dengan mesin ini juga bervariatif mulai dari ukuran A3 sampai dengan ukuran A0. 


2. Mesin Cetak Digital Plotter


Cetak Plotter adalah macam mesin percetakan digital yang biasa kita kenal dalam kehidupan sehari-hari namun mempunyai ukuran yang terlalu besar. Bila dalam kehidupan kita sehari-hari yang memakai mesin cetak satu ini adalah banner. Proses ini dilakukan agar media yang akan digunakan sesuai dengan bahan yang diinginkan konsumen. Mesin Cetak ini dicategorykan menjadi dua sisi


1. Mesin cetak Outdoor


Mesin cetak outdoor umumnya mempunyai area cetak yang besar . Dikarenakan media outdoor diperuntukan untuk visual jarak jauh, mesin ini tak mempunyai hasil cetak yang hi-res. Macam bahan spanduk yang biasa digunakan untuk mesin outdoor adalah Flexy china, Korea ataupun Jerman. 


2. Mesin Cetak Indoor


Mesin Ini sedikit tidak sama dengan mesin outdoor, mesin indoor mempunyai resolusi tinggi sehingga hasil cetak terlalu padat dan tertonton sempurna. Macam mesin indoor mempunyai beberapa macam tinta digital printing yang dapat digunakan dengan para pemain percetakan, adalah, Dye Ink, EcoSolvent, Latex, Dan UV. Bahan bahan yang biasa digunakan untuk mesin ini adalah Stiker, Albatros, Backlite, PET dan bahan bahan indoor lainnya. 


3. Mesin Cetak Digital Offset


Mesin cetak digital adalah mesin percetakan offset macam fotocopy yang dapat mencetak dalam bentuk digital dengan akurasi yang akurat dan dapat efisien dalam setiap hasilnya. Layaknya mesin offset, mesin ini hanya dapat mencetak di media kertas dan stiker . Beberapa produk percetakan yang dapat diproduksi dengan mesin ini adalah Kartu nama, informasier, booklet, company profilee, hang tag, tent card, kalender, agenda, manual book, katalog dan lainnya. 


Ukuran yang dapat di cetak mesin ini bervariatif mulai dari ukuran A3 sampai dengan ukuran B2. bertanyalah kepada percetakannya terdapat dahulu apakah mempunyai kapasitas untuk mencetak di area yang besar. Disamping itu Mesin cetak ini dapat mencetak satuan, sehingga banyak di gemari dengan perusahaan yang mempunyai jumlah cetakan yang minim. 


4. Mesin Cetak Flatbed


Mesin cetak flatbed adalah suatu mesin cetak yang dapat mencetak benda benda yang tebal. Mesin ini mempunyai teknologi UV sehingga tinta dapat kering seketika. Banyak sekali media yang dapat di cetk dengan mesin ini seperti akrilik, kayu, mug, pen, USB, power bank, piring, casing gadget, meja, botol, dan media lainnya. Mesin ini mempunyai beberapa variasi ukuran mulai dari A4, A3, 1 meter sampai dengan ukuran yang paling besar 2 meter. Mesin flatbed terlalu diminati untuk mencetak barang barang promosi dan souvenir. 

Demikian Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Percetakan Digital menurut Percetakan Jakarta, semoga bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama