Wisata Gunung Ranti (Informasi Pendakian, Rute, Tiket)

Wisata Gunung Ranti (Informasi Pendakian, Rute, Tiket)


Wisata Indonesia - Selain tempat wisata alam gunung Ijen yang di kelola oleh BKSDA rupanya masih dalam gugusan pegunungan Ijen masih terdapat banyak tempat indah yang masih jarang di ketauhi. Berada tepat di samping gunung ijen atau berjarak sekitar 50 meter di samping Paltuding sebagai basecamp pendakian gunung Ijen, terdapat satu gunung yang di kenal dengan nama gunung Ranti. Gunung yang memiliki ketinggian 2601 mdpl kurang begitu dikenal oleh para wisatawan, kemungkinan hal iti terjadi adalah karena pengelolaan tempatnya sendiri yang tidak lagi di pegang oleh BKSDA melainkan oleh Perhutani disana. Hal iti sangat disayangkan, melihat gunung Ranti memiliki pesona alam yang tak kalah menarik dari gunung lainnya. Jadi, pada artikel kali ini  akan penulis kenalkan lebih rinci tentang gunung Ranti.

Akses Menuju Gunung Ranti

Mengingat pos pendakian gunung Ranti hanya berjarak ±50 meter dari basecamp pendakian gunung Ijen, para wisatawan yang akan mengunjungi gunung Ranti bisa mengikuti jalur pendakian gunung Ijen. Jalur menuju ke gunung Ranti dapat diakses melalui berbagai kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso menjadikan akses ke wilayah ini memiliki dua pilihan jalur yang dapat dipilih saat mengunjungi tempat ini, yaitu:

1. Dari Banyuwangi para wisatawan dapat menuju ke desa Jambu terlebih dahulu yang berjarak sekitar 20 km dari kota Banyuwangi san dapat diakses dengan kendaraan pribadi. Sesampaimya di desa Jambu atau tepatnya di rest area Jambu wisatawan harus melanjutkan berjalan kaki 2 km menuju Paltuding.

2. Dari Bondowoso wisatawan dapat menuju ke sempol tang kemudian melanjutkan perjalanan ke Banyupahit dan tetap melewati satu jalan lurus yang sama dengan kontur yang sedikit ekstream para wisatawan akan sampai di Paltuding.

Catatan: pos pendakian gunung Ranti berjarak ±50 meter di sebrang jalan Paltuding ke arah timur, dan mulai bulan oktober 2020 akses menuju Paltuding baik dari arah Bondowoso ataupun Banyuwangi dapat menggunakan angkitan untuk KSPN yang telah beroperasi dengan tiket 15.000 dari Banyuwangi dan terminal Bodowoso, angkutan KSPN juga dapat digunakan mulai dari terminal Tawang Alun di Jember dengan biaya bertambah 15.000 untuk menuju ke terminal Bondowoso.

 

 

 

Jalur Pendakian Gunung Ranti

Pos pendakian guning Ranti memiliki ketinggian 1800 mdpl  sementara puncaknya memiliki ketinggian 2601 mdpl, memiliki elevasi 800 meter untuk menuju puncak, siapa sangka dalam mendaki gunung Ranti para wisatawan hanya membutuhkan waktu 2-4 jam saja. Jalur pendakian gunung Ranti sendiri tergolong jalur yang cukup menyusahkan, hal itu dikarenakan sepanjang jalurnya yang selalu menanjak tanpa tempat datar, ditambah lagi dengan jalur yang memiliki kondisi tanah berpasir dan setiap jalur yang dilewati merupakan jalur aliran air gunung Ranti yang menjadikan pendakian munuju gunung Ranti terkenal dengan jalurnya yang licin.

Ada beberapa pos istirahat yang di sediakan oengelolah sepanjang jalur pendakian sebelum menuju puncak, namun saat penulis mengunjungi gunung Ranti pada bulan September 2020, pos-pos yang dulunya dapat digunakan sebagai tempat istirahat sekarang sudah tidak bisa karena sudah hancur dan belum di perbaiki oleh pengelolah.

Gunung ini juga tidak memiliki sumber air yang dapat dimanfaatkan pendaki, sehingga para pendaki yang akan berkunjung disini harus mempersiapkan sepenuhnya dari bawah. Sepanjang jalur pendakian hanya sedikit pohon-pohon yang menjulang tinghi dan menjaga dari sinar matahari, akibatnya adalah jalur pendakian yang sangat panas saat siang hari dan angin sangat terasa di malam hari. Sebabnya para wisatawan yang ingin mendaki gunung Ranti biasanya melalukan pendakian pada pukul 15.00 WIB kebawah agar tidak terlalu panas dan dingin.

Puncak gunung Ranti merupaan hamparan yang cukup luas dengan gubuk besar yang berada di atasnya, tapi sama seperti pos-pos sebelum puncak yang sudah rusak. Gubuk di puncak gunung Ranti sudah tidak memiliki atap dan pondasinya mulai rapuh. Puncak juga merupakan satu-satunya tempat sepanjang jalur pendakian yang dapat digunakan sebagai camp area, jadi wisatawan tidak perlu melakukan summit dari camp area saat digunung ini.

Memiliki camp area yang tepat berada di samping tebing menjadikan angin yang berhembus disini sangat kencang, disarankan agar tidak mendirikan tenda dekat dengan tebing. Panorama yang ditawarkan saat mendaki gunung Ranti adalah samudra awan yang terlihat membentang luas saat pagi dan siang hari disini, keindahan sunrise juga menjadi daya tarik tersendiri dimana pemandangan sunrise terlihat berwarna keemas-emasan, dan puncak gunung Agung Bali juga dapat dilihat dari gunung Ranti. Terletak jauh dari temoat yang memiliki banyak polusi cahaya, disini juga merupakan tempat yang sempurna bagi para astrophotography untuk memotret bintang.

Tiket Pendakian dan Jam Buka

Tiket pendakian per orang : Rp 10.000

Karcis parkir  kendaraan roda 2: Rp 5.000

Karcis parkir kendaraan roda 4: Rp. 20.000

Jam buka gunung Ranti adalah mulai pagi sampai malam, bahkan bisa dikatakan tidak ada jam operasional khusus (24 jam). Namun, untuk wisatawan yang ingin mendaki dini hari disarankan membeli tiket dan sampai di pos pendakian saat sore hari sebelumnya dan melaporkan jam pendakian mereka.

Terdapat beberapa penginapan yang berderet sepanjang jalan sekitar  pos pendakian gunung Ranti hingga Paltuding dengan biaya permalam mulai dari Rp 100.000, selain itu berbagai jenis warung-warung makan dan tempat sovenir beragam harga juha tersedia sepanjang wilayah ini.

Catatan: tidak di perluhkan surat sehat atau rapid test untuk mendaki di era new normal

 

 

 

 Peraturan Pendakian Gunung Ranti

1. Wajib membawa turu sampah

2. Dilarang membawa senjata tajam, senapan, miras dan obat-obatan terlarang

3. Dilarang menyalahkan api unggun dan membakar sampah

4. Dilarang membawa tisu basah

5. Dilarang menimbulkan kegaduhan baik bersuara lantang ataupun dari musik portabel

6. Dilarang merusak ekosistem sekitar gunung Ranti

7. Wajib melakukan registrasi dan bersedia mengikuti segala peraturan

Catatan: Pelanggaran dikenakan sanksi denda Rp 50.000


Lebih baru Lebih lama