7 Daftar Aplikasi Manajemen Perpustakaan Terbaik

7 Daftar Aplikasi Manajemen Perpustakaan Terbaik
pijarsekolah sebagai penyedia solusi aplikasi manajemen perpustakaan

Mengelola perpustakaan tentu akan melelahkan, karena ada banyak buku disimpan yang penting di kelola secara baik. Untuk mengelola perpustakaan kecil atau skala besar membutuhkan beberapa karyawan dengan job desk masing-masing.

Supaya mempermudah semua aktivitas perpustakaan, di butuhkan aplikasi perpustakaan yang mempunyai spek pencatatan anggota, pinjaman buku, buku, keterlambatan, denda dan management yang lain. Tentu dengan aplikasi ini semua pengelolaan perpustakaan jadi lebih gampang dan efisien. Biasanya kebanyakan cms yang digunakan untuk membuat aplikasi manajemen perpustakaan adalah wordpress.

Aplikasi perpustakaan akan kurangi kesalahan pencatatan pendataan dan pinjaman buku, membayangkan bila semuanya masih di laksanakan dengan manual pasti ada beberapa kesalahan data dan di butuhkan setiap buku setiap hari.

Karena itu pada artikel kali ini Kami akan memberikan rekomendasi aplikasi perpustakaan terbaik sekarang ini. dan Anda sedang mencari rekomendasi untuk pengelolaan perpustakaan yang lebih baik.

 

7 Daftar Aplikasi Perpustakaan

 

1. Biblio

Rekomendasi aplikasi perpustakaan pertama dari Kami namanya Biblio. Aplikasi ini bila dilihat secara desain mempunyai penampilan yang simpel tapi mempunyai fitur yang lengkap dan gratis. Fitur yang ada pada Biblio seperti judul buku, penulis, ISBN, penerbit, koleksi, nomor index, nomor daftar, tahun cetak dan yang lain.

Bila ada cukup yang meminjam buku, Anda dapat memakainya dengan label yang dipinjamkan, dengan nomor buku atau data yang lain saja. Status pinjaman pun juga bisa kita awasi dari aplikasi Biblio ini, sehingga kita tahu stock buku apa yang ada di perpustakaan.

Untuk laporan bulanan tak perlu cemas, Anda bisa lakukan ekspor data tiap bulannya untuk ketahui semua transaksi peminjaman dan riwayat yang terjadi sepanjang sebulan penuh.

 

2. iPusnas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia terbitan aplikasi namanya iPusnas bekerja bersama dengan pengembang Aksaramaya. Selain untuk pinjaman buku, aplikasi ini mempunyai fitur sosial media, hingga Anda bisa lakukan hubungan dengan sama-sama anggota perpustakaan.

Fitur yang memikat pada iPusnas ini ialah terdapatnya ePustaka, sehingga Anda menjadi anggota dari beragam perpustakaan yang lain sekaligus. Ada fitur feed untuk melihat kegiatan pemakai yang lain, jadi ini serupa sekali dengan sosial media. Bila Anda tertarik langsung download iPusnas di Google Play atau App Store.

 

3. BiblioteQ

Aplikasi ke-3 ini mempunyai nama dengan aplikasi pertama, yakni namanya BiblioteQ. Selain bermanfaat untuk aplikasi perpustakaan, aplikasi BiblioteQ ini dapat Anda pakai untuk mengurus buku, majalah, jurnal, CD, DVD, bahkan juga untuk game sekalinya.

Jadi dengan 1 aplikasi saja Anda dapat memakainya dengan beragam kepentingan lain.

 

4. iJakarta

Bila iPerpus tadi adalah miliki perpustakaan nasional, karena itu aplikasi perpustakaan namanya iJakarta ini milik dari Pemerintah provinsi Jakarta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Aplikasi iJakarta ini mempunyai sosial media hingga Anda bisa lakukan dialog permasalahan buku dengan anggota yang lain.

 

Aplikasi ini ada fitur ePustaka seperti iPusnas awalnya. Anda bisa juga lakukan penyimpanan buku electronic pada aplikasi ini, jadi saat ingin membaca tinggal buka aplikasi saja.

 

5. Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS)

LMS menjadi aplikasi pengelolaan perpustakaan yang mempunyai desain sangat menarik dibanding dengan yang lain. Aplikasi Learning Manajemen System ini mempunyai tampilan yang lebih kekinian. umumnya aplikasi versi perpustakaan lama lebih mengutamakan dari fungsi dan fitur dan kurang memerhatikan permasalahan desain.

Aplikasi LMS ini dapat menolong Anda dalam pengelolaan perpustakaan yang semakin nyaman. LMS pas untuk perpustakaan pribadi, perpustakaan dusun, sekolah bahkan juga perpustakaan kota sekalinya. Fitur pelaporannya lengkap, hingga admin Anda dapat membuat laporan dengan detil dan lengkap.

 

6. ePerpus

ePerpus ialah aplikasi perpustakaan yang dikembangkan oleh salah satu retail buku paling besar di Indonesia yakni Gramedia Digital Nusantara. Aplikasi ini memberikan dukungan semua anggotanya membaca, pinjam buku, majalah, koran berbentuk digital.

Dengan aplikasi ePerpus ini Anda dapat lakukan semuanya cukup dengan aplikasi saja. Disamping itu dari segi penerbit buku, ePerpus mempunyai deret penerbit dan penulis kelas tinggi di Indonesia seperti Elex Media Komputindo, Mizan, John C. Maxwell, Mizan dan lain-lain.

 

7. iSantri

Dengar namanya saja tentu Anda sudah tahu jika aplikasi perpustakaan ini jelas sudah untuk memberikan fasilitas beberapa santri. Aplikasi ini dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk beberapa santri supaya masih tetap dapat membaca buku.

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi iJakarta, karena dari segi program yang ditangani oleh pengembang aplikasinya oleh perusahaan yang serupa. Yang membandingkan cuman dari koleksi bukunya saja, untuk iSantri semakin banyak ke buku-buku mengenai keagamaan.

 

Penutup

Selain 7 aplikasi perpustakaan di atas, sebetulnya masih banyak aplikasi sama yang mempunyai fungsi yang sama seperti yang disebutkan di atas.

Nah sampai di sini pembahasan 7 daftar aplikasi perpustakaan terbaik sekarang ini, bila Anda berminat untuk memilih salah satu yang mana kira-kira sesuai keperluan Anda.

Lebih baru Lebih lama