Penyebab LCD Hp Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Penyebab LCD Hp Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya


LCD HP tidak menyala walau sebenarnya dalam keadaan hidup, ini akan membuat anda bingung. Sebetulnya apa yang terjadi dengan HP anda? Rupanya ada beberapa faktor sebagai penyebabnya.

Di jaman saat ini, HP yang menggunakan teknologi layar sentuh telah jadi hal umum. Layar sentuh bisa membuat HP semakin nyaman di pakai untuk beragam tujuan selain komunikasi.

Selain lebih nyaman, HP dengan layar sentuh lebih menawan penampilannya. Tetapi, HP layar sentuh harus juga memerlukan perhatian ekstra. Jika tidak dirawat secara baik, maka dapat terjadi kerusakan.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi LCD HP Tidak Menyala

Jika anda ingin mengetahui apa yang bisa jadi penyebab HP anda hidup tetapi LCD-nya mati, karena itu anda dapat melihat faktor-faktor yang di lansir oleh Robby Jungjunan ini.

Saat HP anda mengalami permasalahan, anda tidak perlu cemas dan langsung membeli HP baru. Karena, HP yang mengalami permasalahan di bagian layar sentuh masih bisa diatasi.

Umumnya permasalahan ini muncul karena Anda terus-terusan menggunakan HP tanpa peduli kondisi HP itu. Sehingga layar HP blank tetapi hidup. Keadaan semacam ini menandakan jika terjadi kerusakan pada LCD HP anda.

Disamping itu, penyebab lcd HP anda mati tapi mesin anda hidup, umumnya terlalu lama terkena cahaya matahari atau terkena udara.

 

Penyebab Lcd Hp Tidak Menyala

Berikut ini adalah beberapa penyebab lcd tidak menyala yang sudah kami sajikan, berikut penyebabnya :

 

1. Kerusakan pada Konektor Layar Sentuh

Salah satu hal yang bisa jadi penyebab LCD HP tidak menyala ialah di bagian konektornya. Konektor layar sentuh pada HP saat ini memang lumayan sensitif. konektor yang kotor telah menjadi pemicu fungsi layar sentuh terganggu.

Jika sekarang ini Anda mengalami kerusakan HP terutamanya di bagian layar sentuhnya, sebaiknya Anda memeriksanya lebih dulu di bagian konektor.

Jika konektor layar sentuh Anda warna hitam, maka Anda bisa bersihkan konektornya lebih dulu. Bila Anda telah bersihkan bagian konektornya, fungsi layar sentuh belum normal dan monitor belum menyala, Anda dapat mengecek penyebab yang lain.

 

2. Rusaknya Dioda yang Terkait dengan Komponen Filter Backlight

Jika satu saat HP Anda LCD-nya menyalak, karena itu terjadi kemungkinan kerusakan pada bagian dioda yang terkait langsung dengan komponen pada filter backlight.

Untuk membenahi LCD HP tidak menyala, anda harus cari komponen dioda ini. Komponen ini terkait langsung dengan fitur backlight hingga gampang untuk dicari.

Untuk ketahui seperti apakah keadaan komponen dioda itu, Anda membutuhkan alat namanya multitester.

Sama dengan filter backlight, jika tidak ada tanggapan saat dilihat dengan multitester, karena itu komponen dioda harus ditukar dengan yang baru. Komponen dioda penggantiannya lebih gampang dibanding dengan komponen filter backlight.

 

3. Filter Backlight Layar Sentuh Rusak

kerusakan pada filter backlight dapat menjadi penyebab di mana LCD pada HP yang anda punyai tidak menyala walau sebenarnya HP pada kondisi hidup. Komponen filter backlight ini biasanya ada dekat dengan konektor layar sentuh.

Sama dengan konektor layar sentuh, untuk memperbaiki LCD HP tidak menyala karena filter backlight pada layar sentuhnya alami kerusakan, karena itu Anda dapat ketahuinya dengan beragam cara.

Jika warna filter backlight warna kehitaman, anda dapat membersihkan lebih dulu. Sesudah dibersihkan, anda dapat memeriksa keadaan backlight filter dengan multitester.

Jika tidak ada respon apa saja saat anda lakukan pengujian dengan multitester, bisa dipastikan jika elemen filter backlight anda alami kerusakan.

 

Cara Mengatasi LCD Hp Tidak Menyala

Berikut ada beberapa cara yang sudah kami sajikan, berikut caranya :

 

1. Flash Ulang HP

Saat LCD HP tidak menyala, telah blank, atau di layarnya ada warna hitam dan tidak bisa diotak-atik kembali dalam kata lain mati keseluruhan, karena itu seharusnya Anda mem-flash ulang HP itu. Tapi resikonya, semua data yang ada dalam HP akan hilang atau terhapus semua.

Langkah mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan memasang drive re-flash HP pada laptop. Lantas hubungkan HP dengan USB, konsentrat, lalu ikuti langkah-langkah yang ada.

 

2. Membawa ke Tempat Service

Jika cara-cara itu tidak bisa mengetahui keadaan HP Anda, maka cara terbaik dengan mengantarnya ke tempat service HP.

Kemungkinan ada beberapa bagian yang rusak dan diperlukan untuk membongkar HP untuk dapat melihat kerusakan apa yang terjadi. Sehingga tidak ada salahnya jika anda memakai langkah terakhir ini untuk menangani LCD HP tidak menyala.

Demikian artikel Penyebab LCD Hp Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat.


Lebih baru Lebih lama