Lem Untuk Pipa dari Fitting dari Rucika, Lebih Baik Gunakan yang Mana?



Tak hanya memproduksi pipa air, Rucika juga memproduksi lem untuk pipa dan fitting pipa. Kedua alat ini biasanya digunakan untuk menyambungkan pipa saluran air yang ada di rumah. Tentu saja, alat penyambung pipa yang diproduksi langsung oleh Rucika ini memiliki kualitas sangat bagus dan begitu kuat ketika digunakan untuk menyambungkan beberapa jenis pipa seperti PVC, uPVC, dan pipa jenis lainnya.

Lantas, bagusan mana antara lem pipa atau fitting pipa? Mari, kita simak pembasahannya di bawah ini, here we go!

Lem Pipa

Salah satu lem pipa yang diproduksi oleh Rucika adalah RUGlue. Lem RUGlue merupakan media penyambung pipa yang dibuat melalui proses solvent-cement sehingga memiliki daya persenyawaan yang sangat baik. Namun demikian, lem ini tidak diperkenankan untuk digunakan dalam menyambungkan pipa yang terbuat dari besi, tembaga, maupun aluminium karena memiliki alat penyambung khusus.

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh lem pipa RUGlue dari Rucika ini, di antaranya:

-          Senyawa yang dimiliki oleh lem pipa dari Rucika sangat bagus karena melalui proses solvent-cement sehingga membuat lem tersebut melekat dengan sempurna, kuat, aman, dan tidak mudah patah ketika disambungkan pada pipa.

-          Lem pipa dari Rucika ini juga bebas dari zat toluena. Zat toluena sendiri merupakan zat berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti iritasi kulit, iritasi mata, pusing, bahkan bisa merusak kesuburan janin.

-          Tak hanya itu, lem satu ini juga memiliki kadar VOC yang sangat rendah sehingga aman digunakan. VOC merupakan senyawa yang mengandung karbon dan mudah menguap di suhu ruangan. Apabila memakai senyawa ini dalam jumlah banyak di dalam ruangan, maka bisa mengganggu kesehatan tubuh. Sedangkan, jika dilepaskan di luar ruangan bisa menyebabkan polusi udara.

-          Tersedia dalam berbagai varian produk sehingga lebih mudah digunakan. Beberapa variannya yakni tube 50 gram (berbentuk pasta gigi), tube 60 gram, dan kaleng 400 gram.

Fitting Pipa

Sama halnya dengan lem pipa, fitting pipa juga digunakan untuk menyambungkan antara satu pipa dengan pipa lainnya. Namun, fitting sendiri bisa mengubah aliran air pada pipa, menyebarkan aliran air, membesarkan aliran, hingga mengecilkan aliran air. Terdapat beberapa jenis fitting yang biasa digunakan untuk menyambungkan air tersebut seperti Elbow, Tee, Doube Nipple, Flanges, Increaser, Faucet Socket, Reducing Socket, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa keunggulan yang akan didapat jika menggunakan fitting adalah sebagai berikut:

-          Dibuat dengan kualitas terbaik sehingga aman digunakan untuk keperluan instalasi air, baik kotor, bersih, limbah, dan sebagainya.

-          Tahan terhadap kondisi asam dan basa.

-          Tidak mudah pecah karena mengandung resin uPVC

-          Bisa didaur ulang karena terbuat dari bahan uPVC yang bersifat thermoplastik.

-          Tidak gampang karatan serta bebas dalam pemeliharaan.

So, bisa disimpulkan, baik lem pipa maupun fitting pipa dari Rucika memiliki kualitas yang sama-sama bagus. Hanya saja, Anda harus memerhatikan penggunaan dari sambungan tersebut misalnya jika berencana menyebarkan air maka menggunakan fitting pipa merupakan pilihan terbaik.

Semoga bermanfaat!

Lebih baru Lebih lama