Mengapa Berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa ?

Taman Nasional Karimunjawa sebagai gugus kepulauan di Laut Jawa yang terhitung dalam Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Teritori ini terbagi dalam 27 pulau dengan Karimunjawa sebagai pulau paling besar.


Popularitas Karimunjawa sebagai kepulauan eksotis telah kedengar sejak dahulu sampai ke luar negeri. Kepulauan ini menyuguhkan air laut yang jernih, pantai pasir putih, koleksi terumbu karang yang elok, sampai teritori hutan mangrove yang mempesona.


1. Banyak Pilihan Pantai


Tidak bakal ada habisnya bila harus mengulas pantai di Taman Nasional ini. Kepulauan Karimunjawa ialah lumbung untuk beberapa pantai cantik sama air yang biru dan jernih. Tiap pantai mempunyai daya magnet dan daya tariknya semasing. Pelancong tinggal pilih pantai yang sesuai hasrat dan kemauannya.


Pantai Ujung Gelam dan Pantai Batu Kedok ialah pantai berpasir putih yang paling banyak didatangi. Ada pula pantai yang bukan hanya mempunyai bentangan pasir putih. Saksikan saja batu-batuan eksotis di Pantai Batu HItam dan Pantai Batu Merah di Pulau Parang.


Bila ingin memperoleh situasi pesisir yang rileks dan membahagiakan, Pantai Bunga Jabe bisa saja opsi. Karena kreasi masyarakat di tempat, pantai ini dihias oleh dekor dari beberapa bahan alam seperti batu dan fosil tangkai pohon. Dengan hiasan patung dan kedok kayu, Pantai Bunga Jabe akan mencatatkan kesan tertentu untuk siapa saja yang tiba kesini.


2. Santai di Pesisir


Dengan arus laut yang condong tenang, beberapa pantai di Karimunjawa benar-benar pas sebagai tempat habiskan waktu. Dari sisi nikmati sunrise atau sunset, pelancong bisa juga coba nikmati embusan angin laut di atas ayunan yang menjuru ke laut. Opsi yang lain, coba bertandang ke bar minuman yang dibangun di pesisir.


3. Eksplorasi Laut


Wisata ke Karimunjawa tidak komplet bila belum mengikut rutinitas eksplorasi bawah laut seperti menyelam atau snorkeling. Beberapa pulau kecil di seputar ialah lokasi yang pas. Keadaan air lautnya jernih dengan terumbu karang yang elok sebagai habitat bermacam ikan tropis. Disamping itu, bertandang ke penangkaran hiu bisa juga jadi opsi menarik.


4. Keasrian Alam


Bukan hanya dikenali dengan keelokan laut dan pantainya, Taman Nasional ini mempunyai keasrian alam yang tetap terlindungi. Ini dapat dirasa saat bertandang ke Trackking Mangrove.


Pengunjung akan dibawa telusuri lajur yang melingkari teritori rimba mangrove. Di ujung lajur ini, ada gardu pandang yang menyuguhkan panorama rimba sekalian laut yang mempesona.


5. Kearifan Lokal


Di waktu malam datang, luangkan diri untuk bercampur dengan warga di tempat di Alun-Alun. Di sini, pelancong dapat mencicip bermacam kulineran ciri khas masyarakat seputar.


Bila tertarik dengan riwayat dan budaya lokal, pelancong dapat berkunjung Pusara Sunan Nyamplungan. Kabarnya, Kepulauan Karimunjawa ini diketemukan oleh si keponakan dari Sunan Kudus tersebut.


6. Panorama dari Bukit


Bukit Love ialah teritori daratan tinggi yang diperlengkapi dengan bermacam instalasi menarik dan terkenal sebagai spot photo. Kecuali tulisan "Love" sebagai asal mula namanya, bukit ini mempunyai spot tulisan "Karimun Jawa". Spot ini sering menjadi opsi hits untuk beberapa pemburu swafoto.


Kecuali Bukit Love, ada pula Bukit Joko Tuo yang menyuguhkan panorama pesisir Karimunjawa dari tempat tinggi. Bukit ini diperlengkapi dengan gardu pandang untuk yang ingin memperoleh panorama di atas dengan optimal. Di sini pengunjung dapat menyaksikan fosil paus asli, lho!


7. Banyak Pilihan Penginapan


Cocohuts hotel salah satunya penginapan di Karimunjawa yang kabarnya dipunyai oleh pelatih terkenal di Indonesia turunan Jerman Timo Scheunemann.


Tak perlu cemas atau kuatir bila ingin menginap di Karimunjawa. Opsi fasilitasnya hampir tak terbatas, dimulai dari tempat kemping sampai resor eksklusif yang tempati satu pulau kecil tertentu.


Pelancong dapat memilih bungalow ala gubuk di tepi pantai atau hotel dengan bangunan kekinian. Bila ingin berbaur dengan masyarakat lokal, ada pilihan homestay dengan servis yang ramah.

Untuk Anda yang ingin dipandu biro wisata lokal dengan paket wisata Karimun Jawa 2021 bisa kunjungi web thekarimun.com.

Demikian artikel mengenai  Mengapa Berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa ?, semoga bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama