Pengertian Server : Jenis dan Fungsinya

Pengertian Server : Jenis dan Fungsinya

Sejauh ini kamu selalu memakai perangkat keras berbentuk computer, laptop, smartphone dan semacamnya. Apa itu server ? Bisa dipastikan sebagian dari kamu belum memahami dengan istilah server. Server di dunia IT mempunyai peranan yang penting dalam pengoperasiannya.

Untuk kamu yang belum memahami mengenai pengertian server. Di lansir dari hosting terbaik, lewat artikel ini akan ada beberapa keterangan berkenaan beberapa jenis dan fungsi dari server.

 

Pengertian Server

 

Server adalah satu sistem computer yang mempunyai layanan khusus berbentuk penyimpanan data. Data yang diletakkan lewat server berbentuk informasi dan beragam jenis document yang kompleks. Layanan itu diperuntukkan khusus untuk klien yang berkebutuhan dalam menyiapkan info untuk pemakai atau pengunjungnya.

Server berperanan penting dalam menyiapkan layanan akses bisa lebih cepat untuk mengirim atau menerima data atau informasi yang ada pada server. Berbentuk fisiknya, server berbentuk jaringan computer dan mempunyai ukuran yang besar sekali dengan beberapa komponen pendukung processor dan RAM yang berkapasitas besar.

 

Jenis Server Dan Fungsinya

Menyaksikan fungsi dan tujuan pemakaian server sebetulnya mempunyai banyak jenis. Lewat artikel ini, hanya bisa menerangkan beberapa jenis server saja. Berikut jenis server itu:

 

1. Web Server

Web server ialah sebuah jaringan computer yang layani khusus keinginan HTTP dan HTTPS. Web server menerima code sebegitu rupa dari browser, lalu mengirimnya kembali dalam wujud laman web. Laman web itu dikirim oleh web server berbentuk document HTML dan CSS yang selanjutnya diproses oleh browser jadi laman-laman web yang menarik dan mudah dibaca oleh pemakai.

Lewat keterangan dari paragraf di atas, web server mempunyai fungsi khusus mengirimi berkas yang diminta oleh pemakai sebelumnya lewat browser dengan protokol khusus. Sehingga pemakai bisa mengakses berupa text, gambar, video, dan lain-lain lewat browser.

Sekarang ini web server bukan hanya berperanan menerbitkan WWW (World Wide Web) saja. Ada beragam perangkat keras yang dapat diakses lewat HTTP dengan tujuan untuk meninjau management pekerjaan. Perangkat keras itu seperti printer, camera, dan router web.

 

2. Mail Server

Jaringan computer selanjutnya adalah Mail Server. Server ini melayani pemakai dalam tukar pesan ke sama-sama pemakai secara electronic. Mail Server dibagi jadi dua kelompok yakni server surat masuk dan server surat keluar.

Server surat masuk terdiri dari POP3 dan IMAP. POP3 (Post Office Protocol 3rd version) ialah prosedur pesan electronic yang menyimpan pesan dikirim dan diterima pada PC Local Hard Drive. Sedang IMAP (Internet Message Access Protocol) protokol yang selalu simpan salinan pesan dikirim dan diterima ke Mail Server.

Pada dasarnya, Mail Server berperan untuk tukar pesan ke sama-sama pemakai dengan langkah-langkah protokol mail dengan file yang terdukung berbentuk text, gambar, dan yang lain sama sesuai klien web yang digunakan.

 

3. Database Server

Database server ialah jaringan computer yang memberinya layanan berbentuk pengelolaan basis data dan menerima keinginan klien untuk mengakses basis data pada server. Database server terdiri dari 4 jenis, yakni flat file database, relation database, object database, dan relational-object database.

Fungsi database server sendiri ialah memberikan pemakai berupa layanan big data yang teratur hingga gampang untuk melakukan pencarian. Lembaga besar banyak yang memakai layanan server ini sebagai penyimpanan beragam informasi sesuai kebutuhan. Server ini memberinya layanan akses satu data oleh beberapa orang dalam waktu bersamaan.

 

4. File Server

File server ialah jaringan computer yang memberinya akses berbentuk lokasi disk. Lokasi disk itu berisi file seperti gambar, video, musik, database, document, dan lain-lain. Server ini dirancang untuk pemakai memungkinkan dalam penyimpanan dan ambil data dengan penghitungan lewat workstation.

Fungsi khusus dari file server sebagai jantung sebuah jaringan computer yang cepat, dengan kemampuan hardisk besar dan RAM tinggi. Server ini memungkinkan untuk mengatur komunikasi dan info antara komponen jaringan. Klien bisa terhubung layanan berbentuk management file, upload data, download data, dll pada server.

 

5. DHCP Server

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server sebagai jaringan yang jalankan layanan penyewaan IP address dan informasi TCP/IP ke klien. Umumnya mekanisme operasi (SO) seperti Windows 2000 Server, Windows Server 2003 dan GNU/linux menggunakan layanan ini.

Pada dasarnya fungsi server ini ialah memberinya layanan alamat IP secara otomatis ke klien/computer/host pada jaringan TCP/IP yang meminta. Hingga peran administrator tak perlu disibukkan dengan membuat alamat IP secara manual untuk klien karena IP itu sudah diberikan oleh server.

 

Kesimpulan

Lewat keterangan sebelumnya, lumayan banyak bukan jenis-jenis server yang ada. Untuk lebih singkatnya fungsi server keseluruhannya sebagai layanan untuk klien dan pemakai untuk menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data lewat beberapa protokol khusus.

Lebih baru Lebih lama